HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Menggunakan Google Classroom

Cara Membuat Elearning Menggunakan Google Classroom
Source: tirto.id

hobingoding.com - Wabah virus Corona yang menimpa Indonesia membuat pemerintah pusat dan pemerintah daerah berkoordinasi untuk meliburkan sekolah-sekolah mulai tingkat PAUD, SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi.

Terkhusus bagi Perguruan Tinggi dan sederajatnya, kata libur yang dimaksud disini bukanlah "libur" yang sebenarnya melainkan perkuliahan yang biasanya tatap buka diganti menjadi kuliah daring / kuliah online / E-Learning.

Banyak media yang dapat dipilih untuk melakukan E-Learning ini, seperti menggunakan E-Learning yang disediakan kampus, Microsoft Teams, grup pada media sosial, dan Google Classroom yang menjadi pembahasan kita kali ini.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Sebelumnya karena Google Classroom ini merupakan layanan dari Google, maka pastikan kamu memiliki sebuah akun Google aktif, jika belum punya silahkan buat terlebih dahulu.

Baca juga: Tutorial Cara Membuat Akun Google

1. Masuk ke Google Classroom.

2. Klik ikon "+" (tambah) yang berada di bagian kanan atas. Lalu pilih Buat Kelas.

Membuat Kelas di Google Classroom

3. Nantinya akan ditampilkan ketentuan penggunaan kelas di Google Classroom ini. Beri centang pada kotak "Saya telah membaca .....", kemudian klik Lanjutkan.

4. Lakukan pengisian tentang keterangan kelas seperti Nama Kelas (wajib), Yayasan, Mata Pelajaran, dan sebagainya.

Mengisi Keterangan Kelas di Google Classroom

5. Sampai pada tahap ini Google Classroom telah berhasil dibuat. Nantinya pada kelas yang kita miliki akan memiliki kode undangan uniknya masing-masing (kotak warna kuning).

Kelas di Google Classroom Berhasil Dibuat
Kode undangan (kotak warna kuning) untuk bergabung ke dalam kelas.

Cara Mengundang Siswa untuk Masuk ke Google Classroom

Untuk cara mengundang siswa untuk bergabung ke kelas di Google Classroom yang telah kita buat ada dua cara, yaitu yang pertama kita sebagai guru mengundang mereka siswanya melalui alamat email atau yang kedua mereka sebagai siswa yang bergabung menggunakan kode undangan unik yang ada di atas.

Mengundang Siswa Melalui E-Mail

Pada halaman kelas yang telah kita buat, pilih menu Anggota. Kemudian pada bagian Siswa, pilih ikon Undang Siswa.

Mengundang Siswa ke Kelas di Google Classroom

Selanjutnya masukkan e-mail siswa yang akan diundang bergabung ke dalam kelas yang telah kita buat. Nantinya para siswa akan menerima e-mail berisi link undangan untuk menuju kelas yang telah kita buat barusan.

Mengundang Siswa Menggunakan Kode Undangan

Sebelumnya untuk dapat menggunakan cara ini, kita sebagai guru harus membagikan kode undangan unik yang ada pada tahap nomor 4 di atas kepada para siswa yang akan kita undang.

1. Masuk ke dashboard Google Classroom.

2. Klik ikon "+" (tambah) yang berada di bagian kanan atas. Lalu pilih Gabung ke kelas.

Bergabung ke Kelas di Google Classroom Menggunakan Kode Undangan

Terakhir minta mereka (siswa) untuk memasukkan kode undangan yang telah kita berikan.

Demikianlah Cara Menggunakan Google Classroom Sebagai Media E-Learning ini, kita semua tentunya berharap agar wabah virus Corona ini bisa teratasi dengan segera. Seperti biasa jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar