HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Penjelasan Fungsi Menu-Menu pada Blogger

Penjelasan Lengkap Menu-Menu pada Blogger dan Fungsinya

hobingoding.com - Blog (dalam hal ini blogger.com) merupakan salah satu platform layanan penerbitan blog dimana para penggunanya bisa membuat dan menerbitkan blog secara gratis dengan menggunakan layanan yang dihosting oleh Google.

Untuk dapat membuat sebuah blog di platform yang satu ini caranya juga sangat sederhana dimana dengan berbekal sebuah akun google dan kouta internet kamu sudah bisa membuat sebuah blog baru yang menggunakan layanan Blogger.com ini.

Ketika kamu sudah membuat blog baru, maka kamu akan disuguhkan dengan tampilan-tampilan yang ada di bawah ini.

Daftar Menu-menu yang Ada pada Blogger.com

Dari gambar yang ada di atas kamu bisa melihat bahwa sampai saat ini jumlah menu-menu yang tersedia di Blogger.com ada sebanyak 8 buah menu yang fungsi dari masing-masing menu akan saya jelaskan sebagai berikut.

Menu Postingan

Menu yang pertama ini berfungsi untuk menampilkan daftar-daftar artikel yang kamu miliki, baik artikel yang sudah dipublikasikan ataupun artikel yang masih tersimpan sebagai Draft. Menu ini memiliki tiga buah sub menu yaitu:

  • Semua, berisi daftar gabungan artikel yang sudah kamu publikasikan maupun artikel yang masih tersimpan sebagai Draft
  • Draft, berisi daftar artikel yang tersimpan sebagai Draft. Maksud "Draft" disini adalah kamu sudah mulai membuat artikelnya, namun kamu belum mempublikasikannya, sehingga artikel tersebut akan dimasukkan ke dalam kategori ini.
  • Diterbitkan, sesuai namanya submenu yang satu ini berisi daftar artikel yang sudah kamu publikasikan.

Pada menu ini kamu juga bisa melihat daftar artikel sesuai dengan label (kategori) tertentu, tanggal artikel tersebut dibuat, siapa pengarangnya, jumlah views dari masing-masing artikel, dan sebagainya.

Menu Statistik

Menu selanjutnya yaitu menu Statistik, sesuai namanya menu ini akan menampilkan laporan hasil statistik dari blog yang kamu miliki. Adapun menu Statistik ini mempunyai 4 buah submenu yaitu:

  • Ikhtisiar, berisi laporan singkat performa dari blog yang kamu miliki dimana nantinya akan ditampilkan sebuah grafik yang menunjukkan jumlah pengunjung dari blog yang kamu miliki dalam rentang waktu tertentu.
  • Postingan, berisi daftar postingan dan halaman yang memiliki banyak views atau banyak pengunjung dalam rentang waktu tertentu.
  • Sumber Lalu Lintas, menampilkan sumber traffic pengunjung blog tersebut beserta kata kunci yang mengarah ke blog tersebut dalam rentang waktu tertentu.
  • Pemirsa, berisi asal negara dan teknologi yang digunakan oleh para pengunjung blog tersebut dalam rentang waktu tertentu.

Menu Komentar

Menu yang berisi komentar dari pengunjung ataupun komentar yang kamu lakukan pada postingan blog yang kamu miliki. Jika komentar yang dilakukan oleh pengunjung terindikasi merupakan spam, maka komentar tersebut akan masuk ke submenu Spam.

Menu Penghasilan

Menu yang satu ini tidak akan langsung muncul jika kamu baru membuat sebuah blog. Menu ini dapat kamu gunakan jika kamu ingin memonetisasi blog yang kamu miliki dengan Google AdSense dengan catatan menu ini bisa kamu akses ketika blog yang kamu miliki sudah cukup berumur dan sudah layak untuk dimonetisasi menurut penilaian Google Adsense. Bagi kamu yang tidak ingin menunggu terlalu lama hingga menu ini muncul, maka solusinya adalah menggunakan custom domain sehingga kamu dapat melakukan monetisasi melalui website Google Adsensenya secara langsung.

Menu Halaman

Menu yang berisi page ataupun halaman-halaman dari blog yang kamu miliki. Menu ini biasanya digunakan untuk membuat halaman-halaman seperti About, Contact Us, Disclaimer dan sebagainya. Lantas apa yang membedakan antara Postingan dan Halaman? Jika kamu membuat sebuah postingan biasanya postingan tersebut akan memiliki alamat sebagai berikut /tahun/bulan/judulpostingan sementara jika kamu membuat sebuah halaman biasanya alamat dari postingan tersebut adalah sebagai berikut /p/namahalaman.

Menu Tata Letak

Menu yang kamu gunakan untuk menambahkan widget ke blog yang kamu miliki. Kamu disini bisa menggunakan widget-widget yang sudah disediakan oleh Blogger ataupun widget-widget dari pihak ketiga diluar Blogger yang biasanya untuk menambahkannya kamu perlu menambahkan semacam kode HTML atau JavaScript.

Menu Tema

Menu yang berisi pengaturan tampilan (tema) dari blog yang kamu miliki. Disini kamu bisa menggunakan tema-tema yang sudah disediakan oleh Blogger secara gratis maupun menggunakan tema-tema lain yang bisa kamu dapatkan melalui website atau blog lain. Pada menu ini juga disediakan sebuah editor HTML agar kamu bisa melakukan pengeditan HTML dari blog yang kamu miliki secara langsung.

Menu Setelan

Menu yang terakhir ini berisi pengaturan-pengaturan dari blog yang kamu miliki. Pengaturan yang bisa kamu lakukan disini sangat beragam mulai dari judul, deskripsi, pengaturan komentar tadi, pengaturan pemberitahuan melalui email, bahasa dan pemformatan, dan sebagainya yang bisa kamu coba-coba sendiri.

Tambahan: Daftar Bacaan

Entah bagian yang satu ini bisa dikategorikan sebagai menu atau tidak, namun bagian yang satu ini berisi update dari blog-blog yang kamu ikuti. Supaya orang lain bisa menjadi pengikut dari blog yang kamu miliki maka kamu perlu menambahkan widget Pengikut (Followers) yang terdapat di menu Tata Letak di atas.

Ohiya menu-menu yang saya bahas di atas merupakan menu-menu yang ada pada Blogger versi Klasik mengingat Google saat ini sedang mengembangkan tampilan dan fitur untuk Blogger versi baru. Meskipun begitu antara Blogger Klasik (versi lama) dengan Blogger versi Baru sampai saat ini tidak terdapat perbedaan yang begitu signifikan.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

29 komentar

  1. trima kasih ingponya

    BalasHapus
  2. minimal di ringkas lah cape gua nulis nya

    BalasHapus
  3. saran ti abi mah di rangkum heula a

    BalasHapus