HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Mengatasi Stuck Just A Moment di Windows

Cara Mengatasi Stuck Just A Moment Windows

hobingoding.com - Just a moment pada Windows merupakan salah satu tampilan yang akan muncul ketika laptop yang kamu miliki sedang diinstal ulang, update, dan lain sebagainya sebelum lanjut ke tampilan setup. Beberapa waktu yang lalu saya menemukan kasus di mana tampilan "Just a moment" ini memakan waktu yang cukup lama bahkan lebih dari 9 jam. Hal ini tidak pernah saya temui selama saya melakukan instal ulang Windows selama ini.

Mencoba cari solusi di internet melalui situs-situs dan forum yang ada bahkan hingga saya menanyakannya langsung ke forum official Microsoft, saya tidak menemukan solusi yang dapat mengatasi masalah saya. Berbagai cara yang disarankan telah saya coba dan tetap saja tampilan ini stuck hingga berjam-jam. Sempat ingin membawakannya ke tempat service, saya akhirnya menemukan sebuah solusi yang agak aneh namun memungkinkan dicoba melalui channel youtube Prakasa partyan Kz. Solusinya sederhana, hanya spam Enter saja hingga masuk ke menu setup.

Spam Enter Hingga Tampilan Setup

Cara yang pertama ini dapat kamu terapkan jika kamu mengalami masalah ini ketika sedang melakukan instalasi, instal ulang dan reset. Ketika laptop merestart setelah selesai instal Windows maka kamu akan dibawa menuju tampilan "Get Ready" yang berwarna hitam. Setelah tampilan ini selesai maka tekan tombol Enter terus menerus hingga kamu melewati tampilan "Just a moment" dan hingga kamu masuk ke tampilan setup.

Jika kamu sudah terlanjur masuk ke tampilan "Just a moment" maka sebaiknya lakukan instal ulang lagi karena berdasarkan pengalaman saya cara ini tidak berhasil jika kamu menekan tombol Enter pada tampilan "Just a moment".

Berdasarkan analisa sederhana saya sepertinya cara ini dapat berhasil dikarenakan kita di sini memaksa Windows untuk langsung melewati tahapan-tahapan yang ada. Selain itu mungkin cara ini bertujuan untuk memastikan laptop untuk selalu aktif dan siap untuk diinstal ulang.

Shutdown Paksa dan Restart Ulang

Cara yang kedua ini dapat kamu coba jika kamu mengalami masalah ini ketika sedang update atau login ke Windows. Caranya sederhana cukup tekan dan tahan tombol power hingga laptop kamu mati, kemudian coba nyalakan ulang. Dari beberapa kasus yang saya baca cara ini terbukti berhasil untuk mengatasi stuck "Just a moment" di Windows.

FAQ

Kenapa terjadi stuck "Just a moment"?
Berdasarkan pertanyaan yang saya ajukan di forum official Microsoft, stuck di "Just a moment" pada umumnya dikarenakan spesifikasi hardware digunakan sudah tidak sesuai yang mana hal ini umum terjadi pada laptop-laptop keluaran lama.

Ketika saya mencoba cara yang pertama laptop saya malah mati dan ketika dinyalakan muncul pengguna defaultuser0. Apa itu defaultuser0?
defaultuser0 merupakan akun dummy yang dibuatkan oleh Windows ketika sedang melakukan instalasi Windows. Akun ini akan muncul ketika kamu gagal pada saat instalasi Windows dan melakukan restart.

Apa password defaultuser0?
Tidak ada yang tau apa passwordnya karena dienkripsi.

Cara Mengatasi defaultuser0?
Solusinya cuma 1, instal ulang kembali dan pastikan prosesnya tidak gagal.

Masalah ini baru kali ini saya alami dan saya awalnya cukup kaget kenapa proses di tampilan "Just a moment" ini berlangsung lama. Namun berkat kesabaran dan usaha yang dilakukan akhirnya masalah ini dapat diatasi dengan cara yang cukup aneh di atas.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu mengalami masalah yang sama namun dengan kasus yang berbeda? Apa solusi lain yang kamu temukan? Ceritakan di bawah ya.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar