HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Install Unity

Cara Install Unity
Source: blockworks.co

hobingoding.com - Unity merupakan salah satu platform pengembangan perangkat lunak yang sangat populer, khususnya untuk pembuatan simulasi dan game 2D/3D. Platform ini memungkinkan pengembang untuk membuat game dan aplikasi dengan dukungan grafis, tampilan, musik, dan media pendukung lainnya.

Unity menyediakan dukungan penggunaan versi gratis pada batas tertentu. Selain itu Unity juga menyediakan tampilan dan tools yang mudah dipergunakan, dukungan multiplatform, dan adanya fitur kolaborasi sehingga memudahkan kamu pada saat mengembangkan sebuah game. Jika kamu berniat mendalami peran sebagai game developer, maka tidak ada salahnya kamu mencoba mempelajari penggunaan Unity ini.

Spesifikasi Minimum

Untuk dapat menggunakan Unity pastikan perangkat kamu memiliki spesifikasi sebagai berikut:
- Windows 7 (SP1+), Windows 10, Windows 11, 64-bit versions only
- Prosesor Intel Core i3 atau yang setara
- RAM 4GB
- ROM 5GB
- Dukungan GPU

Cara Install Unity

1. Buka https://unity.com/download untuk mengunduh Unity Hub, platform untuk memanajemen segala hal kebutuhan Unity. Lakukan instalasi seperti biasa.

2. Setelah Unity Hub terinstall maka lanjutkan dengan menginstall Unity-nya dengan cara masuk ke menu Installs > Install Editor. Di bagian ini kamu dapat melihat beberapa versi dari Unity yang tersedia. Silahkan klik Install pada versi Unity yang ingin kamu pergunakan.

3. Selanjutnya kamu akan dibawa menuju halaman selanjutnya di mana pada halaman ini kamu dapat menambahkan modul-modul tertentu. Jika kamu merasa tidak membutuhkan modul tambahan, silahkan uncheck semua modulnya lalu klik Install.

Modul-modul Unity

4. Kamu dapat melihat proses pengunduhan versi Unity yang sebelumnya telah kamu pilih pada bagian Downloads. Jika proses tersebut telah selesai maka kamu dapat melihat versi Unity yang telah terinstall pada menu Installs sebelumnya.

Daftar Versi Unity yang Terinstall

Jika nantinya terdapat peringatan “No Active License”, silahkan login pada Unity Hubnya menggunakan akun Unity yang dapat kamu daftarkan pada website resminya tadi.

That's all, semuanya telah selesai. Kamu dapat mulai mengeksplor bagian-bagian lain dari Unity Hub ini sebelum kita masuk ke pembahasan selanjutnya.

Mengalami masalah atau ada yang ingin kamu tanyakan lebih lanjut? Yuk cusss langsung aja tanyain ke kolom komentar di bawah.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar