HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Volume Tabung Menggunakan Python

Program Menghitung Volume Tabung Menggunakan Python

hobingoding.com - Halo coders. Setelah sebelumnya kita telah berhasil membuat program Python untuk menghitung luas permukaan tabung, maka pada postingan kali ini akan kita lanjutkan dengan program untuk menghitung volumenya. Volume dari tabung itu sendiri merupakan bagian ruang yang terdapat di dalam sisi-sisi tabung.

Sebelum masuk ke kodingnya, kita perlu mengetahui rumus yang akan kita implementasikan dalam program Python. Adapun rumus yang akan kita gunakan pada program kali ini yaitu phi * r^2 * tinggi dengan asumsi bahwa tabungnya merupakan tabung yang memiliki tutup dan alas.

Permasalahan

Buatlah program untuk menghitung volume tabung.

Test Case

INPUT JARI-JARI : 7
INPUT TINGGI : 10
VOLUME TABUNG : 1538.60

Kode Program

print("Program Menghitung Volume Tabung")
print("visit us hobingoding.com")
print()
# Input Jari-jari
r = int(input("INPUT JARI-JARI : "))
# Input Tinggi
t = int(input("INPUT TINGGI : "))

# Hitung Voume
volume = 3.14 * r**2 * t
print("VOLUME TABUNG : %.2f"%volume)

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Python Menghitung Volume Tabung

Penjelasan Program

Pada rumus yang akan kita gunakan, terlihat di sini bahwa kita akan menggunakan 3 buah nilai, yaitu phi, r (jari-jari) dan tinggi. Oleh karena itu di sini saya membuatkan dua variabel input untuk r dan tingginya sedangkan untuk nilai phinya akan saya tuliskan langsung 3.14.

Setelah semua nilai diinput, saya langsung menggunakan nilai-nilai tersebut pada rumus volume tabung yang kemudian hasil dari penghitungan ini saya simpan dalam variabel volume. Pada volume ini saya menggunakan rumus 3.14 * r**2 * t, di mana * bermakna kali dan ** bermakna pangkat. Pada akhirnya hasil dari volume ini saya tampilkan dengan menggunakan print volume.

Masih bingung atau punya pertanyaan lain? Feel free to ask me in comment section below guys.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar