HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Volume Balok Menggunakan Bahasa C

Program Menghitung Volume Balok Menggunakan Bahasa C

hobingoding.com - Halo coders. Saya kembali lagi disini ingin membagikan program menghitung volume balok dalam bahasa C bagi sahabat hobingoding.com sekalian. Sebenarnya program yang akan saya bagikan ini bisa dikatakan mirip atau bahkan hampir sama dengan Program Menghitung Luas Segitiga Menggunakan Bahasa C yang telah saya bagikan sebelumnya.

Sebelumnya kita mesti paham dulu untuk rumus volume balok itu sendiri didapat dari panjang * lebar * tinggi, yang mana disini sepertinya tidak akan ada bilangan berkoma, oleh karena itu saya disini akan mengeset semua variabelnya bertipe data integer. Adapun programnya, hampir sama dengan program menghitung luas segitiga yang telah saya posting sebelumnya, perbedaan yang paling mendasar terletak pada rumus serta tipe data tiap variabel yang akan kita gunakan.

Permasalahan

Buatlah program sederhana untuk menghitung volume balok.

Test Case

Input Panjang : 12
Input Lebar : 8
Input Tinggi : 10
Volume Balok : 960

Kode Program

#include <stdio.h>

int main() {
    int panjang, lebar, tinggi, volume;
    
    printf("Program Menghitung Volume Balok\n");
    printf("visit us hobingoding.com\n\n");
    // Input Panjang
    printf("Input Panjang : ");
    scanf("%d", &panjang);
    // Input Lebar
    printf("Input Lebar : ");
    scanf("%d", &lebar);
    // Input Tinggi
    printf("Input Tinggi : ");
    scanf("%d", &tinggi);

    // Hitung Volume
    volume = panjang * lebar * tinggi;
    printf("Volume Balok : %d", volume);
    return 0;
}

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Bahasa C Menghitung Volume Balok

Penjelasan Program

Saya disini akan langsung menjelaskan potongan-potongan program yang terdapat pada pada fungsi utama (int main), untuk penjelasan #include <stdio.h>, tanda kurung kurawal "{" dan "}" kamu dapat membaca postingan saya yang sebelumnya.

Baca juga: Struktur Dasar Kode Program dalam Bahasa C

Sesuai dengan rumus volume balok, saya disini akan membutuhkan empat buah variabel yaitu panjang, lebar dan tinggi serta volume yang mana variabel volume ini akan menampung hasil perkalian dari ketiga variabel yang lain. Kemudian semua variabel tadi saya set bertipe data integer karena alasan yang telah saya sebutkan di atas.

Lalu untuk menginput ketiga variabel yang saya butuhkan (panjang, lebar dan tinggi) saya hanya menggunakan satu fungsi scanf, dimana dalam fungsi scanf tersebut terdapat tiga tipe data yang akan diinput (%d %d %d) serta pemanggilan variabel yang akan kita masukkan datanya (&panjang, &lebar, &tinggi). Cara ini cukup mempersingkat kita daripada kita harus mengetikkan tiga baris fungsi scanf. Namun perlu diperhatikan apabila kita menggunakan cara ini, maka kita harus memperhatikan urutan data yang telah kita input. Semisal pada potongan program di atas, saya menginput data-datanya sesuai urutan panjang (spasi) lebar (spasi) tinggi, jangan sampai kita salah dalam menempatkan urutan data yang telah kita input.

Kemudian volume akan dihitung dengan cara mengkalikan ketiga varibel tadi yang telah kita input datanya. Lalu saya akan menampilkan nilai dari variabel volume dengan menggunakan fungsi printf dengan pemanggilan tipe data %d karena variabel volume tersebut bertipe data integer.

Demikian Program Menghitung Volume Balok dalam Bahasa C, semoga bermanfaat dan mungkin dapat kamu kembangkan dengan menambahkan kondisi / rumus yang lainnya.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar