Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Struktur Dasar Kode Program dalam Bahasa C

Struktur Dasar Kode Program Bahasa C
hobingoding.com - Halo coders. Seperti yang kita ketahui secara umum, setiap bahasa pemrograman pasti memiliki struktur dasar kode program masing-masing yang mana stuktur dasar tersebut menjadi "ciri khas" dari sebuah bahasa pemrograman. Lantas bagaimana struktur dasar pemrograman dalam bahasa C? Disini saya akan menjelaskannya menggunakan kode program untuk menampilkan tulisan "Hello World!".


Kode Program

#include <stdio.h>
//source code by hobingoding.com

int main(){
    printf("Hello World!\n");
    getch();
    return 0;
}

Output Program

Struktur Bahasa C

Penjelasan Program

Di barisan awal dan pertama sekali terdapat header #include <stdio.h>, perintah include disini berfungsi untuk menginclude/menyertakan/memasukkan file header yaitu stdio.h yang berisi fungsi-fungsi standar input - output ke dalam program yang akan kita gunakan. Selain stdio.h masih terdapat beberapa file header lain yang bisa kita gunakan untuk mempermudah pembuatan program kita, contoh file header math.h yang berisi fungsi-fungsi yang berhubungan dengan proses perhitungan matematika akan kita include/gunakan apabila dalam program yang kita buat memerlukan fungsi pencarian nilai akar dari (sqrt).

Kemudian potongan int main() memiliki kegunaan sebagai fungsi utama, dimana kita akan mengetikkan kode-kode program lainnya di dalam fungsi utama int main() ini. Perlu kamu ingat bahwa setiap kita mengetikkan int main(), kita tidak boleh lupa membuat tanda kurung kurawal "{" dan "}", karena nantinya kode-kode yang akan kita ketikkan harus berada di dalam tanda kurung kurawal ini. Seperti pada contoh di atas dimana kode printf dan return 0; berada di dalam tanda kurung kurawal ini. Kurung kurawal ini juga berguna sebagai penanda letak awal dari program hingga akhir dari program.

Kemudian printf sendiri berguna untuk menampilkan teks "Hello World!" ke layar setelah program di jalankan. Lalu kamu pasti bertanya mengapa \n nya tidak ikut tercetak? Jawabannya adalah karena jika tanda "\" ditulis di dalam teks/char, tanda "\" akan dikenal sebagai escape character. Gunanya untuk menampilkan karakter yang tidak bisa ditulis, contohnya \n sendiri berfungsi untuk membuat akhiran dari Hello World! tadi menjadi baris baru (spasi) dibawah tulisan "Hello World!" tadi. Ohiya, kamu tidak boleh lupa bahwa setiap penulisan kode dalam bahasa C harus diakhiri dengan tanda ";" (disebut juga semicolon) sebagai penanda akhir dari satu baris program.

Yang terakhir kode return 0;, return 0; sendiri berfungsi untuk menutup fungsi utama (int main) yang ada diatas tadi sekaligus mengakhiri program yang telah kita buat. return 0; akan mengembalikan nilai 0 ke sistem operasi yang mana menandakan program berjalan normal dan tidak ada yang error. Selain return 0;, kamu bisa juga menggunakan return dengan nilai yang lain, tergantung dari program yang akan kamu buat nantinya. return 0; ini wajib ditulis, meskipun pada beberapa compiler contohnya Code::Blocks jika kita tidak menyertakan return 0; ini, program tetap akan berjalan.

Demikian pembahasan saya tentang Struktur Dasar Kode Program Bahasa C. Semoga bermanfaat buat kamu yang lagi belajar bahasa C.
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Posting Komentar untuk "Struktur Dasar Kode Program dalam Bahasa C"

Berlangganan via Email