HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Luas Segitiga Menggunakan Bahasa C

Program Menghitung Luas Segitiga Menggunakan Bahasa C

hobingoding.com - Halo coders. Bagi kamu yang ingin belajar bahasa pemrograman terutama bagi kamu yang sedang belajar bahasa pemrograman terkhusus bahasa C, kali ini saya disini ingin membagikan kode program menghitung luas segitiga beserta penjelasannya kepada sahabat hobingoding.com sekalian. Adapun penjelasan yang akan saya cantumkan dibawah ini sesuai dengan alur logika yang telah saya kerjakan.

Permasalahan

Buatlah program untuk menghitung luas segitiga dengan keluaran bilangan desimal dua angka di belakang koma.

Test Case

Input Alas : 5
Input Tinggi : 5
Luas Segitiga : 12.50

Kode Program

#include <stdio.h>

int main() {
    int alas, tinggi;
    float luas;

    printf("Program Menghitung Luas Segitiga\n");
    printf("visit us hobingoding.com\n\n");
    // Input Alas
    printf("Input Alas : ");
    scanf("%d", &alas);
    // Input Tinggi
    printf("Input Tinggi : ");
    scanf("%d", &tinggi);
    
    // Hitung Luas
    luas = alas * tinggi * 0.5;
    printf("Luas Segitiga : %.2f", luas);
    return 0;
}

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Bahasa C Menghitung Luas Segitiga

Penjelasan Program

Pertama sekali saya disini hanya menggunakan header <stdio.h> yang mana header tersebut merupakan header yang berisi fungsi-fungsi dasar input - output, kemudian saya memasukkan semua potongan program tersebut ke dalam fungsi utama (int main) karena saya disini tidak menggunakan fungsi di luar fungsi utama (int main).

Lalu saya menginisiasikan variabel-variabel yang akan saya gunakan nantinya. Sebelumnya kita perlu ketahui terlebih dahulu rumus menghitung segitiga adalah (alas * tinggi) / 2 atau bisa saya ubah menjadi alas * tinggi * 0.5 (karena 1/2 sama dengan 0.5) sehingga saya menginisiasikan variabel alas dan tinggi bertipe data integer (bilangan bulat) sedangkan variabel luas bertipe data float (bilangan desimal/pecahan). Saya menginisiasikan variabel luas bertipe data float karena nantinya pada proses penghitungan luas terdapat proses perkalian dengan bilangan pecahan (0.5) yang mana jika saya menggunakan tipe data integer pada variabel luas maka angka di belakang koma tidak akan ikut dihitung.

Kemudian saya menginput alas dan tinggi menggunakan %d yang mana pada bahasa C %d berfungsi untuk menginput/memanggil data dengan tipe integer, serta tidak lupa simbol & pada &alas serta &tinggi dimana simbol & ini berfungsi untuk menentukan variabel yang akan kita input datanya.

Terakhir saya melakukan perhitungan sesuai rumus luas segitiga, lalu saya memprint/mengeluarkan output dengan menggunakan %.2f dimana %f berfungsi untuk membuat keluaran data bertipe bilangan pecahan serta angka 2 di depan f berfungsi untuk menentukan berapa angka di belakang koma yang akan ditampilkan.

Demikian pembahasan saya tentang Program Menghitung Luas Segitiga dengan Bahasa C, semoga bermanfaat dan berguna buat kamu yang sedang belajar bahasa pemrograman C.

Related Posts
Lebih baru Terlama
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar