HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Luas Segi Enam Menggunakan Python

Program Menghitung Luas Segi Enam Menggunakan Python

hobingoding.com - Halo coders. Segi enam merupakan sebuah bangun datar yang sesuai namanya bangun datar ini memiliki enam buah sisi. Di postingan ini kita akan mencoba menghitung luas dari segi enam ini dengan menggunakan bahasa Python. Sebelumnya saya juga sudah pernah membagikan program menghitung luas segi enam menggunakan bahasa C.

Luas dari segi enam dapat kita hitung dengan menggunakan rumus (3 / 2 * akar 3) * sisi * sisi. Nantinya sisi di sini akan kita peroleh dari input yang diberikan oleh pengguna.

Permasalahan

Buatlah program untuk menghitung luas segi enam jika yang diketahui adalah panjang sisinya.

Test Case

Input Sisi : 50
Luas Segi Enam : 6495.19

Kode Program

print("Program Menghitung Luas Segi Enam")
print("visit us hobingoding.com")
print()
# Import Library
import math

# Input Sisi
sisi = int(input("Input Sisi : "))

# Hitung Luas
luas = (3 / 2 * math.sqrt(3)) * sisi * sisi
print("Luas Segi Enam : %.2f"%(luas))

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Python Menghitung Luas Segi Enam

Penjelasan Program

Di awal program saya mengimport library math karena kita akan membutuhkan fungsi sqrt untuk menghitung nilai akar dari sebuah bilangan. Dalam case ini kita menggunakan sqrt untuk menghitung nilai akar dari 3 sesuai rumus di atas.

Selanjutnya saya membuatkan sebuah variabel sisi untuk menampung nilai sisi yang akan kita hitung. Di sini saya hanya menggunakan satu variabel saja karena jika dilihat pada rumus luas segi enam maka yang kita butuhkan hanyalah nilai sisi segi enamnya saja. Nilai sisi yang telah diinput kemudian akan kita hitung sesuai dengan rumus di atas dan kita simpan pada variabel luas.

Terakhir saya mencetak nilai luas segi enam dengan menambahkan keterangan luas segi enam. Di sini saya juga menggunakan pemformatan bilangan float dengan menggunakan %.2f untuk mencetak nilai dua angka di belakang koma.

Masih bingung atau punya pertanyaan lain? Feel free to ask me in comment section below guys.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar