HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Luas Segi Enam Menggunakan Bahasa C

Program Menghitung Luas Segi Enam Menggunakan Bahasa C

hobingoding.com - Halo coders. Setelah sebelumnya saya membagikan cara menghitung luas segi enam menggunakan bahasa C, maka kali ini saya akan membagikan cara untuk menghitung luasnya menggunakan bahasa yang sama. Sebelumnya kita perlu tau dulu apa rumus yang akan kita pergunakan pada program kali ini, dengan demikian kita dapat mengubahnya ke dalam bahasa pemrograman dengan lebih mudah.

Dengan asumsi bahwa segi enam yang akan dihitung adalah segi enam beraturan, maka rumus yang akan kita pergunakan yaitu:
Luas = (3/2 √3) s²

Permasalahan

Buatlah program untuk menghitung luas segi enam jika yang diketahui adalah panjang sisinya.

Test Case

Input Sisi : 50
Luas Segi Enam : 6495.19

Kode Program

#include <stdio.h>
#include <math.h>

int main() {
    int sisi;
    float luas;

    printf("Program Menghitung Luas Segi Enam\n");
    printf("visit us hobingoding.com\n\n");
    // Input Sisi
    printf("Input Sisi : ");
    scanf("%d", &sisi);

    // Hitung Luas
    luas = (3 * sqrt(3)/2) * sisi * sisi;
    printf("Luas Segi Enam : %.2f", luas);
    return 0;
}

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Bahasa C Menghitung Luas Segi Enam

Penjelasan Program

Disini saya membuat dua variabel yaitu variabel sisi yang bertipe integer dan luas yang bertipe float yang berfungsi sebagai tempat kita menyimpan dan mencetak nilai yang akan diinput oleh user dan ditampilkan kepada user. Saya menggunakan tipe data float pada variabel luas karena dalam operasi penghitungannya kita akan memproses angka-angka desimal (bilangan berkoma) yang di mana hasil dari penghitungan ini akan disimpan ke dalam variabel luas.

Kemudian pada penghitungan nilai dari variabel luas saya menggunakan fungsi sqrt yang berasal dari header math.h untuk menghitung nilai akar 3 yang terdapat pada rumus luas segi enam. Terakhir proses pencetakan dilakukan dengan menggunakan printf %.2f yang artinya kita mencetak variabel bertipe float dengan 2 angka di belakang koma.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar