HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Keliling Lingkaran Menggunakan Python

Program Menghitung Keliling Lingkaran Menggunakan Python

hobingoding.com - Halo coders. Lingkaran merupakan salah satu bangun datar yang bentuknya membulat dan membentuk sudut sebesar 360. Bentuknya yang membulat ini membuat kita yang ingin menghitung kelilingnya tidak dapat menggunakan rumus penjumlahan sisi-sisi seperti bangun datar yang lainnya. Adapun rumus untuk menghitung keliling lingkaran terdiri dari 2 * phi * r. Phi di sini merupakan nilai 22 / 7 atau sekitar 3.14 yang hanya ada pada bangun datar lingkaran ini.

Permasalahan

Buatlah program menghitung keliling lingkaran jika yang diketahui adalah nilai jari-jarinya.

Test Case

Input Jari-jari : 10
Keliling Lingkaran : 62.80

Kode Program

print("Program Menghitung Keliling Lingkaran")
print("visit us hobingoding.com")
print()
# Input Jari-jari
r = int(input("Input Jari-jari : "))

# Hitung Keliling
keliling = 3.14 * 2 * r
print("Keliling Lingkaran : %.2f"%(keliling))

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Python Menghitung Keliling Lingkaran

Penjelasan Program

Pada awal program saya hanya menggunakan satu buah variabel untuk menerima input. Variabel tersebut saya namakan dengan r yang merupakan perwakilan dari nilai jari-jari lingkaran. Input kemudian dilakukan dengan menggunakan perintah int(input()) untuk mendapatkan nilai berupa integer.

Setelah nilai jari-jari telah diinput maka langsung saja saya menghitung nilai kelilingnya dengan menggunakan rumus keliling lingkaran yang ada di atas. Di sini dapat kamu lihat untuk nilai phinya saya menggunakan 3.14 dan langsung saya tuliskan di dalam rumusnya. Terakhir nilai dari keliling lingkaran ini saya tampilkan dengan menggunakan print terhadap keliling yang sebelumnya telah menyimpan hasil keliling lingkaran.

Masih bingung atau punya pertanyaan lain? Feel free to ask me in comment section below guys.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar