HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Volume Bola Menggunakan Python

Program Menghitung Volume Bola Menggunakan Python

hobingoding.com - Halo coders. Bola merupakan salah satu bangun ruang 3 dimensi yang umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan bentuk dari bola ini banyak digunakan sebagai alat dalam permainan seperti sepak bola, basket, dan lain sebagainya.

Pada postingan ini saya akan membagikan program Python untuk menghitung volume dari bola. Sebelumnya perlu kita ingat volume bola dapat dihitung menggunakan rumus 4 / 3 * phi * r * r * r.

Permasalahan

Buatlah program untuk menghitung volume bola jika yang diketahui adalah nilai jari-jarinya.

Test Case

Input Jari-jari : 30
Volume Bola : 113040

Kode Program

print("Program Menghitung Volume Bola")
print("visit us hobingoding.com")
print()
phi = 3.14
# Input Jari-jari
r = int(input("Input Jari-jari : "))

# Hitung Volume
volume = (4 / 3) * phi * r * r * r
print("Volume Bola : %.2f"%volume)

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Python Menghitung Volume Bola

Penjelasan Program

Jika kamu perhatikan dari rumus di atas maka kamu dapat melihat bahwa yang menjadi variabel utama untuk menghitung volume bola ini adalah nilai dari r atau jari-jari bolanya. Dengan demikian saya di sini cukup membuatkan satu buah variabel untuk menerima input dari pengguna. Variabel tersebut saya namakan dengan r karena r ini merupakan simbol umum untuk jari-jari.

Nilai r yang telah diinput kemudian saya hitung dengan menggunakan rumus volume bola di atas dan kemudian saya simpan dalam sebuah variabel yang bernama volume. Di sini dapat kamu lihat untuk nilai phinya telah saya defenisikan sebelumnya dengan nilai 3.14. Di sini kamu dapat mengganti nilai phi sesuai kebutuhan kamu dengan mengubah nilai 3.14 pada variabel phi. Terakhir nilai dari volume yang telah dihitung sebelumnya kemudian saya cetak dengan melakukan print terhadap volume.

Masih bingung atau punya pertanyaan lain? Feel free to ask me in comment section below guys.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar