HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Keliling Lingkaran Menggunakan Bahasa C

Program Menghitung Keliling Lingkaran Menggunakan Bahasa C

hobingoding.com - Halo coders. Keliling lingkaran adalah ukuran panjang garis yang mengelilingi lingkaran tersebut. Lebih sederhananya yang dimaksud dengan keliling lingkaran adalah ukuran panjang lingkaran tersebut jika lingkaran tersebut dibuka dan diluruskan.

Sebelumnya saya disini sudah membagikan bagaimana cara kita menghitung luas lingkaran menggunakan bahasa C yang penjelasannya bisa kamu baca pada artikel berikut:

Baca juga: Program Menghitung Luas Lingkaran Menggunakan Bahasa C

Sama seperti rumus untuk menghitung luas lingkaran, adapun rumus yang biasa kita pakai untuk menghitung keliling lingkaran dapat dibedakan menjadi dua yaitu rumus dengan menggunakan diameter lingkaran dan rumus dengan menggunakan jari-jari lingkaran seperti yang ada di bawah ini:
diameter (d) = 2 * jari-jari lingkaran (r)

Keliling Lingkaran dengan Diameter = phi * d
Keliling Lingkaran dengan Jari-jari = phi * 2 * r

Permasalahan:

Buatlah program menghitung keliling lingkaran jika yang diketahui adalah nilai jari-jarinya.

Test Case

Input Jari-jari : 10
Keliling Lingkaran : 62.80

Kode Program

#include <stdio.h>
#define phi 3.14

int main() {
    int r;
    float keliling;

    printf("Program Menghitung Keliling Lingkaran\n");
    printf("visit us hobingoding.com\n\n");
    // Input Jari-jari
    printf("Input Jari-jari : ");
    scanf("%d", &r);

    // Hitung Keliling
    keliling = phi * 2 * r;
    printf("Keliling Lingkaran : %.2f", keliling);
    return 0;
}

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Bahasa C Menghitung Keliling Lingkaran

Penjelasan Program

Pada program ini saya mendeklarasikan tiga buah variabel yaitu yang pertama int r untuk menampung nilai jari-jari yang akan di input oleh user, variabel yang kedua yaitu float keliling yang digunakan untuk menampung nilai keliling hasil perhitungan yang akan dilakukan dan variabel terakhir yang merupakan variabel global yaitu phi yang saya set nilainya 3.14.

Selanjutnya untuk menerima inputan variabel r (jari-jari) saya menggunakan %d karena variabel r (jari-jari) memiliki tipe data integer.

Kemudian saya melakukan proses perhitungan untuk menghitung keliling lingkaran dimana rumus yang saya gunakan disini menggunakan jari-jari untuk menghitung keliling lingkarannya. Adapun bagian rumus yang saya maksudkan adalah keliling = phi * 2 * r;.

Terakhir saya melakukan pencetakan dengan menggunakan ...%.2f", keliling untuk memanggil variabel keliling yang memiliki tipe data float dengan keluaran dua angka di belakang koma.

Cukup mudah bukan? Kamu juga bisa mengganti rumus program di atas apabila kamu ingin menghitung keliling lingkaran dengan menggunakan ukuran diameternya. Selamat mencoba.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar