HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Jumlah Huruf dan Angka Menggunakan Bahasa C

Program Menghitung Jumlah Huruf dan Angka Menggunakan Bahasa C

hobingoding.com - Halo coders. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi source code bagaimana cara menghitung jumlah karakter huruf dan angka yang ada di dalam sebuah kalimat dengan menggunakan Bahasa C.

Program di bawah ini merupakan program lanjutan dari program menghitung jumlah karakter yang telah saya buat sebelumnya dimana pada program yang sebelumnya kita hanya menghitung panjang stringnya saja tanpa memperhatikan karakter daripada string tersebut.

Baca juga: Program Menghitung Jumlah Karakter Bahasa C

Program yang saya buatkan di bawah ini sudah menggunakan file header ctype.h untuk mempermudah proses penghitungan jumlah karakter yang akan kita lakukan dimana file header ctype.h saya gunakan agar saya bisa melakukan manipulasi terhadap karakter string yang telah diinputkan.

Permasalahan

Buatlah program untuk menampilkan jumlah huruf besar, huruf kecil, vokal, konsonan, angka dan spasi pada sebuah string yang diinput.

Test Case

Input Kalimat : Happy New Year 2020 Happy Coding
Hasil Penghitungan :
Kapital : 5
Non-Kapital : 18
Vokal : 7
Konsonan : 16
Angka : 4
Spasi : 5

Kode Program

#include <stdio.h>
#include <ctype.h>

int main() {
    char karakter;
    int huruf_besar = 0, huruf_kecil = 0;
    int huruf_vokal = 0, huruf_konsonan = 0;
    int spasi = 0, angka = 0;

    printf("Program Menghitung Jumlah Huruf dan Angka\n");
    printf("visit us hobingoding.com\n\n");
    // Input Kalimat
    printf("Input Kalimat : ");
    while((karakter = getchar())!='\n') {
        // Hitung Huruf dan Angka
        huruf_konsonan++;
        if(karakter >= 'A' && karakter <= 'Z')
            huruf_besar++;
        if(karakter >= 'a' && karakter <= 'z')
            huruf_kecil++;
        if(toupper(karakter) == 'A' || toupper(karakter) == 'I' || toupper(karakter) == 'U' || toupper(karakter) == 'E' || toupper(karakter) == 'O')
            huruf_vokal++;
        if(karakter == ' ')
            spasi++;
        if(karakter >= '0' && karakter <= '9')
            angka++;
    }
    huruf_konsonan -= spasi + angka + huruf_vokal;

    printf("Hasil Penghitungan :\n");
    printf("Kapital : %d\n", huruf_besar);
    printf("Non-Kapital : %d\n", huruf_kecil);
    printf("Vokal : %d\n", huruf_vokal);
    printf("Konsonan : %d\n", huruf_konsonan);
    printf("Angka : %d\n", angka);
    printf("Spasi : %d\n", spasi);
    return 0;
}

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Bahasa C Menghitung Jumlah Huruf dan Angka

Penjelasan Program

Sedikit berbeda dengan program yang telah saya bagikan sebelumnya, disini saya hanya mendeklarasikan variabel char saja (bukan array char) karena dalam proses penghitungan yang saya lakukan disini saya tidak perlu menyimpan string yang telah diinput terlebih dahulu.

Untuk melakukan inputannya saya menggunakan perulangan while dengan menerima inputan berupa char dimana perulangan akan terus dilakukan hingga user menekan tombol Enter yang dibaca sebagai '\n'. Nantinya perulangan ini akan menghasilkan kumpulan char atau yang bisa kita sebut sebagai string.

Selama dilakukannya perulangan dan penginputan (hingga user menekan Enter), dilakukan juga pengecekan terhadap karakter yang diinput dimana terdapat beberapa kondisi yang dapat kamu perhatikan sendiri. Mungkin kamu bertanya mengapa pengecekannya menggunakan operator perbandingan padahal yang dibandingkan merupakan karakter? Jawabannya adalah di dalam sistem, penggunaan operator perbandingan dengan yang dibandingkan berupa karakter tersebut akan melakukan pembandingannya berdasarkan kode ASCIInya yang sudah memiliki nilainya masing-masing.

Nah di atas sempat saya singgung penggunaan file header ctype.h, lalu dimana penggunaannya? Saya menggunakan file header ctype.h agar saya bisa menggunakan fungsi toupper dalam pengecekan kondisi if yang ke - 3. Dimana untuk menghitung huruf vokal tentunya 'a' dan 'A' (berlaku juga untuk huruf i, u, e, o) merupakan satu karakter huruf yang sama. Nah daripada repot membuat kondisi untuk 'a' kecil dan 'A' besar, saya langsung saya mengkonversikannya ke huruf besar semua, toh karakter 'a' dan 'A' akan dibaca +=1 pada variabel hurufVokal.

Terakhir seperti biasa kita hanya perlu melakukan pencetakan terhadap nilai daripada variabel-variabel yang telah kita hitung di atas.

Demikian Program Menghitung Jumlah Huruf dan Angka dalam Bahasa C. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ya.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

2 komentar

  1. Keren mas, terus berkarya, oh iya, udh brp lama coding nya mas, jago bgt keliatan nya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih atas feedbacknya. Kebetulan saya merupakan mahasiswa semester akhir nih, doain semoga lancar-lancar ya 😁.

      Hapus