HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Jumlah Karakter Menggunakan Bahasa C

Program Menghitung Jumlah Karakter Menggunakan Bahasa C

hobingoding.com - Halo coders. Suatu kalimat ataupun string bisa saja terdiri dari beberapa gabungan karakter seperti huruf, angka, simbol, spasi dan sebagainya. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui ada berapa sih jumlah karakter (panjang string) yang telah kita inputkan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya akan membuatkan source code program yang bisa kamu gunakan untuk menghitung jumlah karakter dari kalimat yang sudah kamu input. Kita disini akan menggunakan fungsi bawaan dari Bahasa C itu sendiri yakni fungsi strlen yang merupakan singkatan dari string length dimana sesuai namanya fungsi ini digunakan untuk menghitung panjang dari sebuah string.

Kita disini akan menghitung panjang stringnya saja dimana setiap karakter akan dibaca +=1 tanpa membedakan apakah karakter tersebut huruf, angka, spasi dan sebagainya. Untuk variasi (lanjutan) dari program di bawah ini dimana jumlah karakter yang dihitung dibedakan atas jenis karakter tersebut, kamu bisa baca postingan saya yang ada di bawah ini.

Baca juga: Program Menghitung Jumlah Huruf dan Angka Bahasa C

Permasalahan

Buatlah program untuk menampilkan jumlah karakter (panjang string) yang telah diinput.

Test Case

Input Kalimat : Happy New Year 2020 Happy Coding
Jumlah Karakter : 32

Kode Program

#include <stdio.h>
#include <string.h>

int main() {
    char kalimat[100];
    int jumlah_karakter;

    printf("Program Menghitung Jumlah Karakter\n");
    printf("visit us hobingoding.com\n\n");
    // Input Kalimat
    printf("Input Kalimat : ");
    gets(kalimat);

    // Hitung Jumlah Karakter
    jumlah_karakter = strlen(kalimat);
    printf("Jumlah Karakter : %d", jumlah_karakter);
    return 0;
}

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Bahasa C Menghitung Jumlah Karakter

Penjelasan Program

Disini saya mengikutkan dua file header yaitu stdio.h dan string.h dimana stdio.h berisi fungsi-fungsi standar input - output sementara string.h berisi fungsi-fungsi yang berkaitan dengan tipe data string.

Selanjutnya pada main program saya mendeklarasikan sebuah variabel bertipe array char yang dapat menampung 100 buah karakter dan juga sebuah variabel bertipe integer untuk menghitung jumlah karakter yang akan kita inputkan ke dalam array char sebelumnya.

Saya disini melakukan penginputan menggunakan fungsi gets dimana fungsi gets ini merupakan fungsi yang khusus untuk menerima inputan berupa string dimana nantinya fungsi ini akan membaca satu baris kalimat (termasuk spasi) hingga ditemukan adanya '\n' atau yang biasa kamu lakukan dengan menekan tombol Enter.

Selanjutnya kita akan melakukan penghitungan jumlah karakter menggunakan fungsi strlen yang sudah sempat saya bahas di atas dimana jumlah dari karakter tersebut disimpan ke dalam variabel jumlahKarakter. Hingga pada akhirnya kita menampilkan jumlah karakter yang telah kita hitung dengan menggunakan fungsi perintah printf jumlah karakter.

Demikianlah Program Menghitung Jumlah Karakter (Panjang String) dalam Bahasa C. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang ada di bawah ya. Terima kasih.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar