HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Mencetak n Huruf Pertama dengan ASCII Menggunakan Bahasa C

Program Mencetak n Huruf Pertama dengan Memanfaatkan Kode ASCII Menggunakan Bahasa C

hobingoding.com - Halo coders. Alfabet (Alphabet) adalah susunan huruf-huruf yang dimulai dari huruf a / A hingga z / Z dengan total karakter huruf sebanyak 26 huruf (a dan A dianggap sama).

Dalam dunia pemrograman terutama dalam bahasa C ini ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan pencetakan huruf-huruf dalam alfabet ini diantaranya seperti:

  • memanfaatkan array untuk menyimpan semua huruf alfabet ini
  • menyimpan semua alfabet ini dalam suatu "string"
  • memanfaatkan kode ASCII dari masing-masing karakter huruf

Nah pada postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara kita mencetak karakter huruf-huruf yang ada pada alfabet ini dengan kita memanfaatkan poin ketiga yang ada di atas dimana lebih tepatnya kita disini akan membuat program untuk mencetak n huruf pertama yang dimana n ini adalah jumlah huruf yang ingin kita tampilkan.

Sebelumnya yang dimaksud dengan kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) adalah merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti pada pengkodean Hex dan pengkodean Unicode namun pengkodean ASCII ini lebih bersifat universal. Contohnya adalah kode 97 untuk karakter 'a', '98' untuk karakter 'b', dan seterusnya.

Permasalahan

Buatlah program untuk menampilkan n huruf kecil dan huruf besar pertama dengan catatan tidak boleh menggunakan array.

Test Case

Input Nilai n : 5
Lower Case : a b c d e
Upper Case : A B C D E

Kode Program

#include <stdio.h>

int main() {
    int huruf_kecil = 97;
    int huruf_besar = 65;
    int n;

    printf("Program Mencetak n Huruf Pertama\n");
    printf("visit us hobingoding.com\n\n");
    // Input Nilai
    printf("Input Nilai n : ");
    scanf("%d", &n);

    // Cetak Nilai
    if(n < 0 || n > 26) {
        printf("MAAF : Nilai n tidak sesuai dengan jumlah alfabet (1-26)");
    }
    else {
        printf("Lower Case : ");
        for(int i = 0; i < n; i++) {
            printf("%c ", huruf_kecil);
            huruf_kecil++;
        }
        printf("\n");
        printf("Upper Case : ");
        for(int i = 0; i < n; i++) {
            printf("%c ", huruf_besar);
            huruf_besar++;
        }
    }
    return 0;
}

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Bahasa C Mencetak n Huruf Pertama dengan Memanfaatkan Kode ASCII

Penjelasan Program

Saya disini memanfaatkan tiga variabel bertipe integer yaitu hurufKecil, hurufBesar, dan n dimana hurufKecil dan hurufBesar ini saya gunakan untuk menyimpan nilai kode ASCII 'a' yang bernilai 97 untuk variabel hurufKecil dan nilai kode ASCII 'A' yang bernilai 65 untuk variabel huruf 'A'. Sedangkan variabel n sendiri saya deklarasikan untuk menyimpan berapa banyak huruf yang ingin kita tampilkan yang mana variabel n ini nantinya akan berisi inputan dari kita.

Saya juga menambahkan percabangan disini dimana jika nilai n yang diinput < 0 atau > 26 maka program akan mengeluarkan pesan kesalahan.

Untuk bisa mencetak n huruf yang kita inginkan, saya disini melakukan perulangan sebanyak n kali, dimana pada masing-masing perulangan dilakukan pencetakan char (karakter) dari masing-masing kode ASCII dengan menggunakan kode %c. Jadi yang dicetak disini bukanlah angka 97 (hurufKecil) ataupun angka 65 (hurufBesar), namun yang dicetak adalah karakter yang memiliki kode ASCII 97 ataupun 65 dimana pada akhir perulangan dilakukan increment sebanyak 1 untuk menambah kode ASCII 97 menjadi 98, 99, ... untuk mencetak huruf-huruf selanjutnya hingga nantinya tercetak n huruf.

Demikianlah Program C untuk Mencetak n Huruf Pertama dengan Memanfaatkan Kode ASCII. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan tanyakan saja pada kolom komentar yang ada di bawah ya. Terima kasih.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar