HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Keliling Belah Ketupat Menggunakan Python

Program Menghitung Keliling Belah Ketupat Menggunakan Python

hobingoding.com - Halo coders. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah kode program untuk menghitung keliling belah ketupat. Jika kamu perhatikan rumus untuk menghitung keliling belah ketupat ini pada dasarnya sama saja dengan rumus untuk menghitung keliling persegi di mana rumusnya adalah 4 * sisi.

Permasalahan

Diketahui sebuah belah ketupat memiliki ukuran diagonal masing-masing adalah 12 cm dan 16 cm. Sedangkan ukuran sisinya adalah 10 cm. Buatlah program untuk menghitung luas dan keliling belah ketupat tersebut.

Test Case

Input Sisi : 10
Keliling Belah Ketupat : 40

Kode Program

print("Program Menghitung Keliling Belah Ketupat")
print("visit us hobingoding.com")
print()
# Input Sisi
sisi = int(input("Input Sisi : "))

# Hitung Keliling
keliling = 4 * sisi
print("Keliling Belah Ketupat :", keliling)

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Python Menghitung Keliling Belah Ketupat

Penjelasan Program

Pada program di atas saya hanya menggunakan satu buah variabel saja bernama sisi. Nantinya variabel ini saya gunakan untuk menyimpan nilai sisi yang diinput oleh pengguna. Jangan lupa untuk menambahkan fungsi int pada bagian inputnya untuk mengkonversi input default yang tadinya bertipe string menjadi angka.

Keliling saya hitung dengan menggunakan rumus keliling belah ketupat yang ada di atas yaitu 4 * sisi. Terakhir nilai dari keliling ini saya cetak dengan menambahkan keterangan keliling belah ketupat pada fungsi printnya.

Masih bingung atau punya pertanyaan lain? Feel free to ask me in comment section below guys.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar