HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang Menggunakan Python

Program Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang Menggunakan Python

hobingoding.com - Halo coders. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan source code pemrograman Pyhton untuk menghitung keliling dan luas persegi panjang.

Sebelumnya seperti yang kita tau persegi panjang merupakan salah satu bangun datar dua dimensi yang dapat kita hitung keliling dan luasnya dengan menggunakan rumus keliling = (2 * panjang) + (2 * lebar) dan luas = panjang * lebar. Ohiya sebelum masuk ke pembahasannya, nantinya program yang saya buatkan di bawah ini memiliki asumsi bahwa nilai panjang dan lebar yang akan diinputkan berupa bilangan bulat (integer).

Permasalahan

Buatlah program menghitung keliling dan luas persegi panjang jika diketahui nilai panjang dan lebarnya.

Test Case

Input Panjang : 10
Input Lebar : 5
Keliling Persegi Panjang : 30
Luas Persegi Panjang : 50

Kode Program

print("Program Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang")
print("visit us hobingoding.com")
print()
# Input Panjang
panjang = int(input("Input Panjang : "))
# Input Lebar
lebar = int(input("Input Lebar : "))

# Hitung Keliling
keliling = (2 * panjang) + (2 * lebar)
# Hitung Luas
luas = panjang * lebar
print("Keliling Persegi Panjang :", keliling)
print("Luas Persegi Panjang :", luas)

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Python Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang

Penjelasan Program

Saya disini hanya menggunakan dua buah variabel yaitu panjang dan lebar yang dimana sesuai dengan asumsi yang saya jelaskan di atas bahwa nilai panjang dan lebar yang akan diinputkan merupakan bilangan bulat integer.

Proses perhitungan keliling dan luas dilakukan pada saat saya mencetak keliling dan luas dari persegi panjang tersebut dengan memasukkan rumus daripada keliling dan luas tersebut ke dalam perintah print sehingga saya disini tidak memerlukan variabel tambahan lainnya selain daripada dua variabel yang saya gunakan di atas dalam artian penghitungan akan keliling dan luas tersebut baru akan dihitung ketika proses pencetakan "Keliling :" dan "Luas :" dilakukan.

Demikianlah Program Pyton Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar