HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Mengecek Kata dan Kalimat Palindrom Menggunakan C++

Program Mengecek Kata dan Kalimat Palindrom Menggunakan C++

hobingoding.com - Halo coders. Pada postingan-postingan saya sebelumnya saya sudah membuatkan masing-masing sebuah program untuk mengecek apakah sebuah kata ataupun kalimat merupakan kata atau kalimat palindrome yang sudah saya implementasikan ke dalam bahasa Python dan bahasa C.

Baca juga:

Namun sesuai request dari beberapa teman-teman yang lainnya, saya disini akan membuatkan program pengecekan kata dan kalimat palindromre dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ dimana saya disini akan menggunakan aplikasi DevC++ sebagai compilernya.

Sebelum saya masuk ke codingnya, saya disini ingin mengingatkan terlebih dahulu yang dimaksud dengan kata ataupun kalimat palindrome adalah kata atau kalimat yang memiliki urutan karakter yang sama jika dibaca dari depan maupun dari belakang kata atau kalimat.

Permasalahan

Buatlah program untuk mengecek kata, kalimat atau angka termasuk palindrome atau bukan.

Test Case

Test #1
Input Kata : kasur ini rusak
Hasil : Palindrome

Test #2
Input Kata : kasur itu rusak
Hasil : Bukan Palindrome

Kode Program

#include <iostream>
using namespace std;

int main() {
    string kata;
    int i, j;
    bool palindrome = true;
	
    cout << "Program Mengecek Kata dan Kalimat Palindrom" << endl;
    cout << "visit us hobingoding.com\n" << endl;
    // Input Kata
    cout << "Input Kata : ";
    getline(cin, kata);
    j = kata.length();

    // Cek Palindrom
    for(i = 0; i < j; i++) {
		if(kata[i] != kata[j-i-1]) {
			palindrome = false;
			break;
		}
	}

    if(palindrome == true)
        cout << "Hasil : Palindrom";
    else
        cout << "Hasil : Bukan Palindrom";
    cin.ignore();
    return 0;
}

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program C++ Mengecek Kata dan Kalimat Palindrom

Penjelasan Program

Saya disini sedikit mengubah codingan yang telah saya buat pada bahasa Python dan bahasa C yang telah saya buat sebelumnya. Saya disini menggunakan 4 buah variabel yang terdiri dari kata (string), n dan i (int) dan palindrome (boolean) dimana pada variabel palindrome saya set nilainya sebagai true.

Kemudian saya disini untuk melakukan inputan, saya disini memanfaatkan perintah getline dimana perintah getline ini dapat menerima inputan string yang di dalamnya terdapat spasi (kata tidak terpotong meskipun ada spasi) yang penggunaannya mirip dengan perintah gets pada bahasa C. Setelah itu saya menghitung berapa panjang karakter string yang diinput dengan menggunakan perintah length yang saya simpan ke variabel n.

Kemudian saya melakukan perulangan sebanyak n dimana pada setiap indeksnya saya melakukan pembandingan antara karakter dari depan (i) dan karakter dari belakang (length-i-1). Jika ternyata terdapat karakter yang berbeda (bukan palindrome) maka nilai variabel palindrome yang tadinya true akan berubah menjadi false dan perulangan akan diberhentikan berkat perintah break;.

Terakhir saya melakukan pengecekan berdasarkan nilai daripada variabel palindrome dimana jika nilainya tetap true maka kata ataupun kalimat yang diinput termasuk ke dalam kalimat palindrome dan begitupula sebaliknya.

Cukup sekian penjelasan program yang dapat saya berikan. Jika dari penjelasan saya ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

1 komentar