HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Memasang dan Mengaktifkan Meta Tag Description pada Blogger

Cara Menggunakan Meta Tag Description Blogger
Source: logique.co.id

hobingoding.com - Meta tag adalah sebuah tag HTML yang biasanya digunakan untuk memberitahukan kepada mesin pencari informasi apa saja yang terdapat pada sebuah halaman web.

Salah satu meta tag yang wajib ada pada sebuah halaman web yaitu meta tag description yang sesuai dengan namanya yaitu description = deskripsi dimana meta tag yang satu ini gunanya adalah untuk memberitahukan deskripsi singkat tentang sebuah halaman web kepada mesin pencari seperti Google, Bing, dan mesin pencari lainnya.

Meta tag yang merupakan bagian dari kode-kode HTML tidak akan muncul pada halaman pencarian mesin pencari karena meta tag itu sendiri letaknya berada dalam template blog yang kita gunakan, yang muncul pada mesin pencari nantinya adalah teks / kalimat yang telah kita isi pada setiap postingan yang kita miliki.

Seperti yang bisa kamu lihat di pencarian yang saya lakukan di bawah ini, deskripsi yang ditampilkan dari setiap artikel / halaman web di bawah ini bisa ada berkat adanya penggunaan meta tag description pada masing-masing web.

Contoh dari Penggunaan Meta Tag Description

Meta tag deskripsi itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu meta tag deskripsi untuk halaman utama (homepage / beranda) dan meta tag deskripsi untuk halaman postingan (artikel). Sesuai dengan namanya meta tag deskripsi untuk halaman utama digunakan untuk memberitahu kepada mesin pencari bahwa blog atau web yang kita miliki mengenai apa atau membahas tentang apa sedangkan meta tag deskripsi untuk halaman postingan digunakan untuk memberitahu kepada mesin pencari ringkasan dari setiap postingan yang telah kita buat.

Meta tag deskripsi untuk halaman utama harus dipasang dan diaktifkan terlebih dahulu agar kamu bisa menggunakan meta tag description untuk setiap postingan. Adapun caranya:

Cara Memasang dan Mengaktfikan Meta Tag Description untuk Halaman Utama

1. Masuk ke dashboard Blogger, kemudian pilih menu Tema lalu klik Edit HTML.

2. Tekan Ctrl + F, kemudian cari kode </head>.

3. Tempelkan kode dibawah ini tepat di atas kode </head> tadi. Jangan lupa klik Simpan Tema.

<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
  <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>

Catatan:
Jika pada template yang kamu miliki sudah terdapat kode ini, kamu tidak perlu menempelkannya lagi, kamu langsung lanjut saja ke langkah nomor 4.

4. Pilih menu Setelan, lalu klik Prefensi  Penelusuran. Pilih Ya pada bagian "Aktifkan prefensi penelusuran?" Lalu ketikkan deskripsi singkat tentang blog yang kamu miliki mengenai apa. Kemudian klik Simpan perubahan.

Aktifkan Meta Tag Decription Melalui Menu Setelan Lalu Pilih Prefensi Penelusuran

Jika kamu sudah mengaktifkan meta tag deskripsi pada halaman utama, barulah kamu bisa menggunakan meta tag deskripsi untuk setiap postingan yang kamu miliki dengan cara:

Cara Menggunakan Meta Tag Desciption untuk Postingan

1. Buatlah sebuah postingan (artikel baru).

2. Kemudian pada bagian Setelah entri, pilih Deskripsi Penelusuran, lalu isi dengan ringkasan mengenai apa postingan yang akan kamu buat. Jika sudah klik Selesai.

Buat Deskripsi Singkat atau Ringkasan dari Postingan yang Telah Kamu Buat

Nantinya deskripsi postingan yang kamu ketikkan tadi akan muncul ketika postingan yang kamu miliki muncul di halaman pencarian Google, Bing ataupun mesin pencari lainnya.

Karena nantinya deskripsi inilah yang pertama kali dilihat oleh para pengunjung melalui mesin pencarian, pastikan deskripsi yang kamu isikan menarik / sesuai dengan kata kunci judul postingan yang kamu miliki. Semoga bermanfaat.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar