HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Install Visual Studio 2015 Community Edition di Windows 7/10/11

Cara Install Visual Studio 2015 Community Edition
Source: nosware.com

hobingoding.com - Microsoft Visual Studio (Visual Studio) merupakan sebuah perangkat lunak lengkap yang biasa digunakan untuk mengembangkan berbagai macam kebutuhan aplikasi, mulai dari aplikasi bisnis, aplikasi personal, aplikasi console, aplikasi web dan berbagai macam aplikasi lainnya.

Bagi kamu yang merupakan anak Teknik Informatika yang kesehariannya disibukkan dengan aktivitas ngoding / buat program tentunya Microsoft Visual Studio ini merupakan salah satu aplikasi yang wajib untuk diinstal di komputer yang kamu miliki karena dengan adanya aplikasi ini tentunya akan mempermudah proses belajar serta pemahaman kamu mengenai dunia programming.

Sesuai dengan judul postingan saya kali ini, saya disini akan menjelaskan bagaimana cara menginstall Microsoft Visual Studio 2015 Community Edition di Windows 10 step by step. Meskipun nantinya penjelasan saya ini berfokus pada Visual Studio versi tahun 2015, saya kira untuk versi tahun-tahun lainnya caranya juga tidak akan jauh berbeda.

Adapun alasan saya untuk lebih memilih Visual Studio 2015 adalah terkait dengan minimum spec yang dibutuhkan. Berikut spesifikasi minimum Visual Studio 2015:

  • 1.6 GHz or faster processor
  • 1 GB of RAM (1.5 GB if running on a virtual machine)
  • 4 GB of available hard disk space5400 RPM hard disk drive
  • DirectX 9-capable video card (1024 x 768 or higher resolution)

Spesifikasi diatas saya rasa tidak terlalu berat untuk laptop yang saya miliki. Jika komputer yang kamu miliki mempunyai spesifikasi yang mumpuni kamu bisa mencoba untuk menginstal versi yang lebih baru seperti Visual Studio 2017 atau bahkan Visual Studio 2019. Namun jika komputer yang kamu miliki mempunyai spesifikasi pas-pasan yang bahkan tidak cocok untuk menginstal Visual Studio 2015 kamu bisa mencoba untuk menginstal versi yang lebih lama seperti Visual Studio 2010 atau Visual Studio 2012.

Setiap versi Visual Studio itu sendiri memiliki 3 edisi yang berbeda yaitu Community Edition, Professional Edition serta edisi yang terakhir yakni Enterprise Edition. Adapun Community Edition adalah edisi yang gratis digunakan tanpa perlu membayar lisensi sedangkan Professional serta Enterprise Edition merupakan edisi yang mewajibkan kita membeli lisensi produk tersebut agar bisa digunakan yang tentunya memiliki fitur yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan Community Edition.

Nantinya akan ada 2 cara menginstall Visual Studio yang saya jelaskan di bawah ini dimana cara pertama saya akan mengambil file installan Visual Studionya langsung dari website resmi Microsoft sedangkan cara kedua saya akan mengambil file installan Visual Studionya menggunakan direct link yang ada pada sebuah forum. Namun pada intinya baik cara pertama maupun cara kedua file installannya sama-sama langsung dari Microsoft.

Proses penginstallan Visual Studio 2015 yang sudah include C#/VB Web dan fitur standar nantinya akan membutuhkan paket data internet sebesar 7GB++, ukuran ini akan semakin bertambah banyak jika kamu menginstal lebih banyak bahasa pemrograman ataupun fitur yang nantinya dapat kamu pilih.

Cara Menginstal Visual Studio 2015 Community Edition Langsung Melalui Website Resmi Microsoft

1. Silahkan buka website resmi Microsoft untuk Visual Studio yang ada pada alamat berikut ini visualstudio.microsoft.com/downloads/.

2. Setelah terbuka nantinya kamu akan disuguhkan pilihan untuk mendownload Visual Studio 2019, karena saya disini ingin menginstal versi Visual Studio 2015 scroll ke bawah lalu pilih Older Version.

Download Visual Studio Melalui Website Resmi Microsoft

3. Selanjutnya kamu akan disuguhkan beberapa versi Visual Studio yang telah dirilis sebelumnya. Pilih versi yang ingin kamu inginkan lalu klik Download.

Pilih Versi Tahun Visual Studio

4. Kemudian kamu akan diminta untuk login menggunakan akun Microsoft yang kamu miliki. Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa baca postingan saya berikut ini:

Baca juga: Tutorial Cara Membuat Akun Microsoft

5. Selanjutkan kamu akan diarahkan ke halaman yang berisi pilihan-pilihan versi dari yang telah kamu pilih tadi. Pada Visual Studio 2015 ini misalnya terdapat 4 versi dimana versi dari Visual Studio 2015 Update 3 merupakan versi yang paling terbaru dari Visual Studio 2015. Kemudian kamu juga bisa memilih mulai dari arsitektur prosesor yang kamu gunakan (x86/x64), bahasa yang kamu inginkan serta file yang akan kamu download apakah berupa file exe / DVD yang mana jika kamu memilih file exe maka ketika penginstallannya komputer yang kamu miliki wajib terhubung dengan koneksi internet sedangkan jika kamu memilih file DVD setelah terdownload kamu hanya perlu melakukan penginstallan seperti biasanya. Setelah selesai memilih klik Download.

Pilih Versi Lengkap Visual Studio yang Ingin Didownload

6. Setelah selesai didownload, klik dua kali file tersebut untuk memulai proses penginstallan.

7. Atur dimana Visual Studio akan diinstal, serta pilih opsi penginstallan Typical atau Custom dimana opsi Typical hanya akan menginstal bahasa C#/VB Web dan fitur standar sedangkan jika kamu memilih Custom kamu dapat memilih bahasa pemrograman lainnya serta fitur yang ingin kamu gunakan. Catatan: semakin banyak fitur yang akan kamu instal maka semakin banyak pula memori penyimpanan serta paket data internet yang kamu butuhkan. Selanjutnya tinggal klik Instal.

Proses Penginstallan Visual Studio 2015 Community Edition

8. Lamanya proses penginstallan akan bergantung terhadap seberapa banyak fitur yang kamu pilih tadi serta seberapa cepat koneksi yang kamu miliki.

Cara Menginstall Visual Studio 2015 Community Edition Melalui Direct Link

1. Silahkan buka thread di forum StackOverflow berikut ini stackoverflow.com/questions/44290672/how-to-download-visual-studio-community-edition-2015-not-2017.

2. Pilih edisi dari Visual Studio 2015 yang ingin kamu download yang penjelasannya telah saya jelaskan di atas. Catatan: file web installer sama dengan jika kamu mendownload file exe dari website Microsoft tadi yang mana kamu membutuhkan koneksi internet selama penginstalan berlangsung sedangkan file ISO Image sama dengan file DVD yang merupakan sudah merupakan file utuh.

3. Untuk proses selanjutnya sama saja dengan langkah nomor 6 yang ada pada cara pertama, bedanya disini kamu tidak perlu login akun Microsoft untuk mendapatkan file installan Visual Studionya.

Meskipun saya disini melakukan penginstallan Visual Studio 2015 dengan menggunakan Windows 10, saya rasa baik untuk versi Windows maupun versi Visual Studio lainnya tidak akan jauh berbeda. Semoga penjelasan saya ini bermanfaat.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar