HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google atau Belum

Cara Mengecek Artikel Terindeks Google
Source: topsetting.com

hobingoding.com - Bagi para content writer blog akan menjadi suatu kebahagiaan tersendiri jika artikel yang dituliskannya muncul pada halaman pencarian google apalagi jika artikel tersebut muncul di halaman page one (halaman pertama) pencarian google.

Artikel tersebut nantinya akan muncul secara otomatis ke halaman daftar pencarian jika artikel tersebut sudah sepenuhnya terindeks di mesin pencari yang digunakan oleh masing-masing user. Jika belum? Tentu artikel tersebut tidak akan muncul sampai nantinya artikel tersebut diindeks oleh mesin pencari tersebut.

Setelah artikel yang kamu buat kamu publish, mesin pencari biasanya membutuhkan waktu beberapa menit bahkan hingga beberapa hari agar artikel yang kamu buat terindeks di mesin pencari. Untuk mempercepat proses artikel kamu diindeks oleh mesin pencari, kamu bisa baca postingan saya berikut ini:

Mungkin kamu sedikit kebingungan bagaimana cara mengetahui artikel yang sudah kamu buat apakah sudah terindeks atau belum. Di bawah ini saya akan menjelaskan setidaknya 3 cara yang saya lakukan untuk mengecek artikel yang saya buat sudah terindeks mesin pencari atau belum.

Melalui Google Webmaster (Google Search Console)

Google Webmaster yang bisa kamu akses melalui google.com/intl/id_id/webmasters merupakan tempat dimana kamu dapat melihat performa ataupun statistik situs yang kamu miliki secara lebih lengkap jika dibandingkan kamu melihatnya melalui dashboard blogger.

Kamu bisa melakukan pengecekan apakah artikel yang kamu buat sudah terindeks atau belum dengan cara memasukkan URL dari artikel yang kamu miliki pada kolom "Periksa semua URL di ...(url web)" yang ada di Search Console.

Jika status yang ditampilkan "URL ada di Google" atau seperti yang di bawah ini artinya artikel yang kamu miliki sudah terindeks di mesin pencarian google.

Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google

Sedangkan jika status yang ditampilakn "URL tidaka ada di Google" artinya artikel yang kamu miliki belum terindeks. Untuk mempercepat proses pengindeksannya kamu dapat mengklik "Minta Pengindeksan" untuk mempercepat proses pengindeksan oleh Google.

Melalui Pencarian Link

Cara yang kedua ini hampir sama dengan cara yang pertama dimana kita tetap memanfaatkan URL artikel yang ingin kita cek. Bedanya apabila kita menggunakan cara pertama, kita melakukan pengecekannya melalui Google Search Console sedangkan cara yang kedua ini kita cukup mencari URL artikel yang ingin kita cek di kolom pencarian google.

Jika artikel yang ingin kamu cek muncul di halaman pencarian google itu artinya artikel tersebut sudah terindeks, namun sebaliknya jika artikel yang ingin kamu cek belum muncul artinya artikel tersebut belum terindeks google.

Link Artikel Sudah Terindex Google

Melalui Pencarian Judul Artikel

Jika pada cara pertama dan cara kedua kita memanfaatkan URL artikel yang kita miliki, maka pada cara yang ketiga ini kita masih tetap melakukan pencarian melalui kolom pencarian google namun kita menggunakan kata kunci artikel yang kita buat yang kemudian diikuti dengan url situs / nama blog yang kita miliki seperti di bawah ini.

Sama dengan cara yang kedua, jika artikel yang kamu miliki muncul di halaman pencarian google itu berarti artikel yang kamu miliki sudah terindeks google begitu pula sebaliknya.

Judul Artikel Sudah Terindex Google

Mudah bukan untuk mengetahui apakah artikel yang kita buat sudah terindeks google atau belum? Ketiga cara ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa perlu aplikasi tambahan lain. Semoga bermanfaat.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar