HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap Menggunakan Bahasa C

Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap Menggunakan Bahasa C

hobingoding.com - Halo coders. Berdasarkan paritas (sifat) dari sebuah bilangan maka sebuah bilangan bulat dapat kita kategorikan menjadi dua kategori yaitu bilangan ganjil ataupun bilangan genap.

Secara sederhana adapun yang dimaksud sebagai bilangan ganjil adalah bilangan-bilangan yang tidak habis dibagi dengan dua atau dalam artian jika bilangan tersebut dibagi dengan dua maka hasil dari pembagian tersebut selalu akan memberikan sisa  > 0. Adapun bilangan-bilangan ganjil tersebut biasanya diakhiri dengan angka-angka 1, 3, 5, 7, dan 9.

Sedangkan bilangan genap merupakan kebalikannya dimana bilangan genap adalah bilangan-bilangan yang habis dibagi dengan dua atau jika kita rumuskan maka n modulo 2 = 0 (modulo = sisa bagi) dimana bilangan-bilangan genap ini biasanya diakhiri dengan angka-angka 0, 2, 4, 6, dan 8.

Permasalahan

Buatlah program untuk melakukan pengecekan apakah suatu bilangan termasuk bilangan ganjil atau bilangan genap.

Test Case

Input Bilangan : 79
Hasil : Bilangan Ganjil

Kode Program

#include <stdio.h>

int main() {
    int bilangan;

    printf("Program Menentukan Bilangan Ganjil Genap\n");
    printf("visit us hobingoding.com\n\n");
    // Input Bilangan
    printf("Input Bilangan : ");
    scanf("%d", &bilangan);

    // Cek Ganjil Genap
    if(bilangan % 2 ==0)
        printf("Hasil : Bilangan Genap");
    else
        printf("Hasil : Bilangan Ganjil");
    return 0;
}

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Bahasa C Menentukan Bilangan Ganjil Genap

Penjelasan Program

Program yang kita buat kali ini cukup sederhana dimana saya disini hanya menggunakan satu buah variabel angka bertipe integer yang dimana ketika nilai dari variabel angka tersebut telah diinput oleh user maka akan langsung dilakukan pengecekan.

Adapun proses pengecekan yang dilakukan adalah dengan cara menghitung dan membandingkan nilai dari variabel angka tersebut setelah dimodulokan (operator %) dengan angka 2. Ketika hasil dari modulo tersebut bernilai 0 (== 0), maka angka tersebut termasuk ke dalam kategori angka genap sedangkan jika hasil dari modulo tersebut tidak sama dengan 0 (semisal 1, 2, 3, dan seterusnya) maka bisa dipastikan angka yang diinput tersebut merupakan angka ganjil.

Demikianlah Program Cek Angka Ganjil atau Genap dengan Menggunakan Bahasa C. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang ada di bawah ya. Terima kasih.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar