HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Mencetak Barisan Bilangan Ganjil Genap Menggunakan Bahasa C

Program Mencetak Barisan Bilangan Ganjil Genap Menggunakan Bahasa C

hobingoding.com - Halo coders. Setelah sebelumnya saya membahas bagaimana membuat program untuk mengecek apakah sebuah angka termasuk kategori angka ganjil ataupun genap, maka kali ini saya membuatkan program yang masih berkaitan dengan postingan saya tersebut.

Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara kita mencetak barisan bilangan ganjil dan genap dengan batas bilangan n. Semisal jika n = 5 maka angka-angka yang termasuk ke barisan bilangan ganjil adalah 1, 3, dan 5 sedangkan angka-angka 0, 2, dan 4 termasuk ke dalam barisan bilangan genap.

Permasalahan

Buatlah program untuk mencetak barisan bilangan ganjil dan genap dengan batas bilangan n.

Test Case

Input Nilai n : 10
Bilangan Genap : 0 2 4 6 8 10
Bilangan Ganjil : 1 3 5 7 9

Kode Program

#include <stdio.h>

int main() {
    int n;

    printf("Program Mencetak Barisan Bilangan Ganjil Genap\n");
    printf("visit us hobingoding.com\n\n");
    // Input Nilai
    printf("Input Nilai n : ");
    scanf("%d", &n);

    // Barisan Bilangan Genap
    printf("Bilangan Genap : ");
    for(int i = 0; i <= n; i++) {
        if(i % 2 == 0)
            printf("%d ", i);
    }

    // Barisan Bilangan Ganjil
    printf("\n");
    printf("Bilangan Ganjil : ");
    for(int i = 0; i <= n; i++) {
        if(i % 2 != 0)
            printf("%d ", i);
    }
    return 0;
}

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Bahasa C Mencetak Barisan Bilangan Ganjil Genap

Penjelasan Program

Disini kita masih memanfaatkan operasi modulo (operator %) untuk menghitung sisa dari setiap angka jika dimoduluskan dengan 2 dimana saya disini memanfaatkan dua buah perulangan untuk mencetak masing-masing barisan bilangan (1 perulangan untuk bilangan ganjil dan 1 perulangan lainnya untuk bilangan genap).

Ketika sebuah angka yang menjadi batas dari barisan bilangan yang ingin kita cetak telah diinput maka perulangan untuk barisan bilangan yang genap akan dimulai dengan indeks awal = 0 dan indeks akhir = n. Pada setiap proses perulangannya akan dilakukan pengecekan terhadap indeks i tersebut, apakah i tersebut habis dibagi dengan 2 atau tidak. Jika habis maka indeks ke i tersebut merupakan bilangan genap. Hal yang sama berlaku juga untuk perulangan yang kedua yang saya gunakan untuk mencetak barisan bilangan ganjil. Jika kamu perhatikan bedanya hanya terdapat pada proses pengecekan (if) yang dilakukan.

Demikianlah Program Mencetak Barisan Bilangan Ganjil dan Genap Menggunakan Bahasa C. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang ada di bawah ya. Terima kasih.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar