HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Mengatur Perataan Teks pada Postingan Blog

Cara Mengatur Perataan Teks pada Postingan Blog
Source: xomisse.com

hobingoding.com - Perataan Teks (Text Align) pada postingan blog menurut saya adalah salah satu aspek yang cukup penting untuk dipikirkan agar postingan blog yang kita miliki lebih rapi dan lebih enak untuk dilihat oleh para pengunjung.

Untuk saat ini sepengetahuan saya ada 4 jenis perataan teks yang tidak hanya digunakan pada postingan blog saja namun digunakan dalam beberapa aplikasi lain semisal pada Microsoft Office misalnya. Adapun ke - 4 jenis perataan teks yang saya maksud di atas adalah:

  • Left, membuat teks rata kiri
  • Right, membuat teks rata kanan
  • Center, membuat teks rata di tengah, dan;
  • Justify, membuat teks rata kiri - kanan.

Dari beberapa blog maupun website yang saya kunjungi saya dapat menarik kesimpulan bahwa ada dua jenis perataan teks yang umumnya digunakan yaitu perataan teks rata kiri (Left Align) dan perataan teks rata kiri - kanan (Justify Align) sementara untuk perataan teks rata di tengah (Center Align) biasanya saya jumpai digunakan untuk memfokuskan suatu kalimat sejumlah satu baris sedangkan perataan teks rata kanan (Right Algin) sangat jarang saya jumpai.

Saya pribadi sendiri lebih menyukai penggunaan perataan teks rata kiri - kanan (Justify Align) untuk postingan blog saya yang bisa kamu lihat penerapannya pada artikel yang sedang kamu baca ini.  Namun jika kamu ingin melakukan penyesuaian perataan teks pada blog yang kamu miliki, berikut tutorialnya:

Cara Mengatur Perataan Teks (Text Align) pada Postingan Blog

1. Masuk ke dashboard Blogger, kemudian edit/buat sebuah postingan blog yang ingin kamu ubah perataan teksnya.

2. Blok (tandai) bagian kalimat yang kamu ingin atur perataan teksnya. Kemudian pilih opsi Perataan Teks yang terdapat pada bagian toolbar blogger (di sebelah kanan icon emoticon).

Disini kamu dapat memilih opsi rata kiri, tengah, kanan serta opsi ratakan (rata kanan-kiri).

Selain melalui menu yang terdapat pada toolbar blogger, kamu juga dapat mengubah perataan teks postingan blog tersebut dengan menambahkan style="text-align: left/center/center/justify" pada bagian yang ingin kamu atur perataan teksnya. Namun dengan catatan hal ini hanya dapat kamu lakukan ketika kamu memilih mode HTML pada saat mengedit postingan blog tersebut.

Cara Mengatur Perataan Teks (Text Align) pada Seluruh Postingan Blog Secara Otomatis

Jika kamu tidak ingin ribet mengatur satu per satu perataan teks postingan blog yang kamu miliki, kamu dapat menggunakan cara di bawah ini.

1. Masuk ke dashboard Blogger, kemudian pilih menu Tema > pilih Edit HTML.

2. Kemudian cari kode ]]></b:skin> dengan menggunakan Ctrl + F. Selanjutnya tambahkan kode di bawah ini tepat di atas kode ]]></b:skin> tadi.

.post-body {
text-align: justify !important;
}

Catatan: perataan justify di atas bisa kamu ganti dengan perataan yang ingin kamu gunakan

3. Klik Simpan tema.

Hampir kelupaan, untuk bisa melakukan perataan text di atas kita melakukan pengaturannya pada bagian CSS text-align yang ada pada class .post-body seperti CSS yang kamu lihat pada tahap nomor 2 di atas.

Dengan demikian seluruh postingan blog yang kamu miliki secara otomatis akan ditampilkan mengikuti perataan teks yang sudah kamu atur. Hal ini dapat terjadi karena pada umumnya setiap template menggunakan class .post-body sebagai bagian untuk menampilkan konten/postingan.

Jika kamu ingin melakukan kustomisasi lebih lanjut pada blog yang kamu miliki, saya sarankan kamu untuk membaca postingan saya berikut ini:

Baca juga: Cara Paling Mudah untuk Mengetahui Kode atau Elemen HTML yang Ingin Diubah

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

2 komentar

  1. gagal gan, masih rata tengah aja punyaku, salahnya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, rata tengahnya hanya di satu postingan atau di semuanya gan? Jika hanya di satu postingan coba cek postingan tersebut di dalam mode HTML ya. Namun jika rata tengahnya di semua postingan coba cek bagian CSS dari template yang agan pergunakan ya.

      Hapus