Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Berbagi File (File Sharing) dengan Menggunakan Layanan Google Drive

Cara Berbagi File (File Sharing) dengan Menggunakan Layanan Google Drive
hobingoding.com - Berbagi File (File Sharing) merupakan aktivitas membagikan file kepada orang lain baik itu kepada teman, keluarga, rekan sekantor maupun siapa saja melalui internet.

Cara berbagi file kini juga telah berkembang cukup pesat. Jika dulunya kita dapat menggunakan inframerah ataupun bluetooth untuk berbagi file kepada orang lain yang jaraknya berdekatan asalkan memiliki fitur yang sama, kini kita sudah dapat melakukan file sharing ini kepada banyak orang sekaligus dengan memanfaatkan internet.

Adapun cara berbagi file yang mungkin sering kita gunakan misalnya menggunakan email, aplikasi ShareIt, dan menggunakan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp. Jika ukuran file yang akan kamu bagikan berukuran kecil, mungkin kamu bisa menggunakan salah satu cara yang ada di atas. Namun apa jadinya jika ukuran file yang akan kamu bagikan berukuran besar semisal sampai bergiga-giga? Tentu kamu tidak dapat mengirimkan filenya melalui email ataupun chat WhatsApp bukan?

Namun tenang saja, semua pasti ada solusinya. Jika ukuran file yang ingin kamu bagikan memiliki ukuran bergiga-giga, kamu bisa memanfaatkan layanan cloud (penyimpanan awan) untuk melakukan file sharing ini. Caranya pun cukup mudah, yaitu: pilih file - upload - aktifkan metode sharing - bagikan link alamat file. Untuk lebih jelasnya saya disini akan menjelaskan bagaimana cara melakukan file sharing dengan menggunakan layanan Google Drive mengingat Google memberikan penyimpanan awan sebesar 15GB kepada setiap penggunanya secara gratis.

Cara Berbagi File (File Sharing) dengan Menggunakan Layanan Google Drive

1. Pada smartphone yang kamu gunakan, pilih file-file mana saja yang akan kamu bagikan, kemudian klik  Bagikan untuk menguploadnya ke  Google Drive.
Pilih File yang akan Dibagikan Melalui File Sharing
2. Selanjutnya slide ke kanan untuk mencari opsi Simpan ke Google Drive.
Simpan ke Google Drive untuk Melakukan File Sharing
3. Lakukan pengaturan seperti nama file, akun Google yang kamu gunakan, serta folder lokasi file tersebut akan ditempatkan.
Lakukan Pengaturan File yang akan Dibagikan Melalui File Sharing
4. Jika pada smarthphone yang kamu gunakan hanya memperbolehkan upload via wi-fi saja, buka menu File pada aplikasi Google Drive yang kamu miliki, lalu klik icon Upload untuk melakukan upload menggunakan data seluler.
5. Setelah terupload, klik icon tiga titik pada file yang ingin kamu bagikan.
Mengaktifkan Fitur File Sharing Google Drive
6. Kemudian pilih Berbagi link: nonaktif. Secara otomatis aksi ini akan mengaktifkan opsi berbagi file melalui link yang ditandai dengan munculnya icon dua orang pada file yang telah kamu bagikan tersebut.
Mengaktifkan Berbagi Link, Fitur File Sharing Google Drive
Klik lagi icon tiga titik pada file yang sudah kamu aktifkan berbagi linknya. Pilih Salin link lalu
bagikan link tersebut ke orang-orang yang ingin kamu bagikan.

Catatan: tahapan cara yang sama juga bisa kamu lakukan jika kamu ingin melakukan file sharing menggunakan laptop atau komputer.

Untuk menonaktifkan fitur berbagi filenya, klik lagi icon tiga titik pada file yang telah dibagikan, kemudian klik Berbagi link: aktif untuk mematikan fitur file sharing ini. Ohiya selain kepada file, cara ini juga bisa kamu terapkan jika kamu ingin melakukan berbagi folder (folder sharing) yang tahapan cara-caranya sama saja dengan cara melakukan file sharing ini. Terima kasih.
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Posting Komentar untuk "Cara Berbagi File (File Sharing) dengan Menggunakan Layanan Google Drive"

Berlangganan via Email