HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Membuat Blog pada Blogger

Cara Mudah Membuat Blog
Source: blogger.com

hobingoding.com - Blog yang merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang biasanya berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman blog. Di masa sekarang ini, aktivitas ngeblog (biasa disebut blogging) bukan hanya sebatas sharing maupun hobby dimana kini telah banyak orang yang mendapatkan pundi-pundi rupiah dari aktivitas ngeblog tadi.

Bagi kamu yang ingin coba-coba membuat sebuah blog, disini saya akan menjelaskan caranya secara step by step hingga blog yang ingin kamu buat tadi selesai dibuat. Saya disini akan menjelaskan cara membuat blog menggunakan platform blogger.com, sebenarnya masih banyak platform lain yang bisa kamu gunakan namun menurut saya akan jauh lebih mudah untuk membuat blog menggunakan platform ini.

Sebelumnya, pastikan kamu sudah memiliki sebuah akun google karena blogger.com ini merupakan layanan dari google itu sendiri. Jika sudah, mari kita lanjutkan:

Tahapan Membuat Blog di Blogger.com

1. Silahkan masuk ke blogger.com, lalu klik Sign In untuk masuk ke akun google yang telah kamu miliki.

2. Bagi kamu yang pertama sekali menggunakan platform blogger ini, silahkan isi nama profil blogger kamu. Kemudian klik Continue to Blogger untuk melanjutkan ke beranda blogger.

3. Sekarang kamu sudah ada di beranda blogger itu sendiri. Untuk membuat sebuah blog baru klik Create New Blog. Kemudian akan muncul sebuah jendela pop up nantinya.

Klik Create New Blog untuk Membuat Blog Baru
Klik create new blog untuk membuat blog baru.

4. Pada kolom title silahkan isi judul/nama blog yang ingin kamu buat. Lalu pada bagian adress, silahkan isi alamat url blog yang ingin kamu buat. Perlu diingat bahwa kamu tidak dapat menggunakan sebuah alamat url apabila alamat tersebut telah digunakan oleh blog lain. Jika alamat url yang kamu inginkan tersedia dan kamu sudah yakin dengan semuanya, silahkan klik Create Blog!.

Isikan Judul dan Alamat URL Blog, lalu Klik Create
Isi kolom sesuai keinginan kamu.

5. Yeay! Blog kamu sudah selesai dibuat. Untuk membuat sebuah postingan baru, klik New Post.

Klik New Post untuk Membuat Postingan Baru
Klik new post untuk membuat postingan baru.

6. Disinilah nantinya kamu akan menuliskan postingan maupun artikel milikmu. Silahkan ketikkan judul postingan milikmu, kemudian ketikkan isinya, jika sudah selesai klik Publish untuk memposting / mempublikasikan postingan milikmu.

Ketikkan Judul dan Isi Artikel Milikmu, kemudian Klik Publish
Ketikkan postingan yang ingin kamu buat.

7. Untuk melihat blog serta artikel yang telah kamu buat tadi, klik View Blog untuk membuka blog milikmu.

Klik View Blog Untuk Melihat Blog Milikmu
Klik view blog untuk melihat blog milikmu.

Berikut contoh blog sederhana yang telah kita buat barusan.

Blog Telah Selesai Dibuat
Contoh blog sederhana yang telah kita buat.

Blog ini pastinya masih menggunakan template bawaan dari blogger itu sendiri serta memiliki tampilan yang sangat sederhana. Saya akan membahas cara mengganti template di postingan saya berikutnya.

Baca juga: Cara Mengganti Template Blog pada Blogger

Sangat mudah bukan Membuat Blog di Blogger.com? Jangan lupa untuk mengisi blog yang kamu miliki dengan artikel-artikel buatanmu sendiri ya. Semoga postingan saya ini bermanfaat.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

2 komentar