HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Mengganti Template Blog pada Blogger

Cara Mengedit dan Mengganti Template Blog
Source: cloudinary.com

hobingoding.com - Template blog merupakan sebuah file yang biasanya memiliki ekstensi .xml yang mana file inilah yang nantinya mengatur bagaimana desain, tema maupun tampilan sebuah blog.

Sebuah blog yang dapat dikategorikan sebagai blog yang baik kiranya memiliki tampilan yang enak dipandang oleh para pembaca, dapat menyesuaikan tampilan versi desktop atau mobile, memiliki kecepatan loading yang cepat, tidak terlalu rumit serta kiranya sesuai dengan niche blog itu sendiri. Ciri-ciri blog yang baik yang telah disebutkan sebelumnya tentunya tidak dapat terlepas dari template blog yang akan kamu gunakan.

Di internet terdapat banyak sekali template siap pakai yang bisa kamu gunakan untuk blog yang kamu miliki. Dari sekian banyak template siap pakai tersebut tentunya memiliki desain serta tampilan yang berbeda-beda. Template-template tersebut juga dibagi menjadi dua yaitu template yang gratisan dan template premium.

Pada template gratisan tentunya fitur yang dapat kamu gunakan tidak sebanyak template premium, ditambah lagi biasanya pada template gratisan terdapat credit link si pembuat template yang membuat blogmu terasa kurang professional.

Blogger sendiri sebenarnya telah menyediakan puluhan template siap pakai yang dapat kamu gunakan pada blog yang kamu miliki. Namun tentunya template yang disediakan oleh blogger ini sangat-sangat sederhana. Jika kamu memiliki budget yang cukup ada baiknya kamu membeli template premium, namun jika budget kamu masih kurang ada baiknya kamu menggunakan template gratisan dulu sebelum nantinya beralih ke template premium.

Tahapan Mengedit dan Mengganti Template Blog

1. Masuk ke blogger.com.

2. Kemudian pilih menu Tema.

Pada bagian menu Tema ini kamu bisa melakukan edit pada template yang kamu miliki, mengganti template blog kamu dengan template yang disediakan oleh blogger maupun mengganti template yang kamu miliki dengan template baru yang telah kamu sediakan.

Adapun pilihan pengeditan template pada menu Tema ini adalah sebagai berikut:

Pilih Sesuaikan atau Edit HTML untuk Mengedit Tampilan Blog
Pilih sesuaikan atau edit html untuk mengedit tampilan blog kamu.

Sesuaiakan: Disini kamu dapat melakukan edit secara langsung (kamu dapat melihat previewnya setelah diedit) pada tampilan blog yang kamu miliki. Hal-hal yang dapat kamu atur disini hanya pengaturan dasarnya saja yang meliputi pewarnaan, ukuran lebar, tata letak serta tulisan pada setiap bagian blog.

Tampilan Pengeditan Tampilan Blog Secara Langsung
Tampilan ketika melakukan pengeditan pada pilihan sesuaikan.

Edit HTML: Disini kamu dapat melakukan edit secara keseluruhan pada template blog yang kamu gunakan. Namun kekurangannya adalah kamu diwajibkan mengetahui paling tidak kode HTML serta CSS dasar serta kamu tidak dapat melihat previewnya secara langsung.

Tampilan Pengeditan Tampilan Blog Melalui HTML
Tampilan ketika melakukan pengeditan melalui kode html.

Untuk mengganti template kamu dapat memilih salah satu template yang disediakan oleh blogger pada menu Tema ini. Namun jika kamu menggunakan template lain diluar template yang disediakan oleh blogger caranya adalah:

3. Klik Backup/Pulihkan, disini kamu dapat mendownload template yang sedang kamu gunakan dengan cara mengklik Download Tema untuk berjaga-jaga jika template baru yang akan kamu gunakan nantinya kurang sesuai dengan keinginan kamu.

Pilih Download Tema untuk Melakukan Backup atau Pilih File untuk Mengganti Template
Klik backup/pulihkan untuk mengganti template blog yang kamu miliki dengan template baru.

Untuk mengganti template yang kamu gunakan sekarang, klik Pilih File, kemudian buka lokasi dimana file template barumu berada, jika sudah ketemu, klik Upload untuk mengganti template lama kamu.

4. Klik Tutup, kemudian silahkan buka url blog kamu untuk melihat perubahan template blog yang telah kamu lakukan.

Sekian postingan saya tentang Cara Mengedit dan Mengganti Template Blog. Jika kamu masih bingung atau ingin menanyakan sesuatu silahkan tanyakan pada kolom komentar.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar