Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menggunakan Tag Heading pada Postingan Blog

Cara Menggunakan Tag Heading pada Postingan Blog
hobingoding.com - Tag Heading merupakan bagian dari kode HTML yang digunakan untuk menandai dan membuat judul pada halaman web termasuk pada postingan Blogger. Tag Heading ini memiliki 6 tingkatan yaitu h1, h2, h3 ... sampai h6 dimana setiap tingkatan memiliki ukuran dan kegunaan yang berbeda-beda.

Semisal h2 merupakan subjudul dari h1, sementara h3 merupakan subjudul lagi dari h2 dan begitu seterusnya hingga tag berukuran paling kecil yaitu tag h6. Pada postingan blog itu sendiri, judul artikel (judul utama) dari artikel yang ditampilkan pada sebuah halaman postingan blog biasanya menggunakan tag h1 sehingga pada isi dari artikel tersebut ada baiknya kita tidak lagi menggunakan tag h1 tersebut. Sebagai gantinya kita bisa menggunakan tag h2 sampai tag h6 yang pada kenyataannya tag yang biasa digunakan pada postingan blog hanya berupa tag h2 dan h3.

Selain sebagai penanda judul dan subjudul, tag heading ini juga bisa dimanfaatkan untuk menampillkan fitur table of content otomatis yang sudah tersedia pada beberapa template blog saat ini.

Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Table of Content pada LinkMagz

Lantas bagaimana cara memasang dan menggunakan tag heading ini? Yuk simak penjelasannya di bawah.

Cara Menggunakan Tag Heading pada Postingan Blog

1. Sebelumnya ketikkan artikel yang ingin kamu buatkan tag headingnya terlebih dahulu, bila perlu kamu dapat menandai judul-judul ataupun subjudul yang ingin kamu jadikan sebagai heading.
Contoh:
Ini Judul H2
Subjudul H3
Subjudul H3

Ini Judul H2
Subjudul H3
2. Setelah selesai, ubah mode draft postingan Blogger menjadi mode HTML.
3. Cari judul-judul ataupun subjudul yang ingin kamu gunakan sebagai heading.
4. Apit judul-judul ataupun subjudul tersebut dengan menggunakan tag <h2>Judul</h2>, <h3>Subjudul</h3> dan sebagainya (bila perlu hingga tag h6).
Menggunakan Tag Heading pada Postingan Blog
Contoh sesuai kasus yang ada di atas (dalam mode HTML):
Ubah Ini Judul H2 menjadi <h2>Ini Judul H2</h2>
Ubah Subjudul H3 menjadi <h3>Subjudul H3</h3>

Catatan: setiap tag heading pasti memiliki pasangan yang sesuai misal tag pembuka <h2> pasangannya merupakan tag penutup </h2>
5. Setelah selesai, coba ubah mode draft Bloggernya kembali menjadi mode Compose, maka kamu akan melihat bagian yang sudah kamu tandai tadi berukuran lebih besar dari teks yang sebelumnya dimana besaran ukurannya ini sesuai dengan tingkatannya masing-masing.
Tingkatan Heading pada Penggunaan Tag Heading

Demikianlah Cara Menggunakan Tag Heading pada Postingan Blog, jika ada yang ingin kamu tanyakan, jangan sungkan untuk menanyakannya pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Tag Heading pada Postingan Blog"

Berlangganan via Email