HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Mendaftarkan Blog ke AdSense

Cara Daftar AdSense untuk Pemula
Source: dailynews254.co.ke

hobingoding.com - Google AdSense merupakan layanan yang disediakan dan diberikan oleh Google kepada kita para pemilik website atau blog agar kita dapat memonetisasi traffic pengunjung yang datang ke blog yang kita miliki dengan cara menampilkan iklan yang bersesuaian diantara konten-konten yang terdapat pada website ataupun blog tersebut.

Meskipun sebenarnya ada banyak pihak lain yang menyediakan layanan monetisasi traffic layaknya Google AdSense ini, namun nampaknya sampai saat ini Google AdSense tetap menjadi pihak terbaik yang pembahasan saya mengenai hal ini bisa kamu baca pada postingan saya di bawah ini:

Sebelum kita lanjut ke pembahasan bagaimana cara mendaftarkan blog ke Google AdSense, pastikan kamu sudah memiliki sebuah website ataupun blog yang ingin kamu daftarkan. Jika belum silahkan buat sebuah website ataupun blog lalu isikan konten didalamnya terlebih dahulu. Untuk blog sendiri saya menyarankan kamu untuk menggunakan platform Blogger karena selain gratis blog yang menggunakan Blogger tersebut dapat dimonetisasi menggunakan AdSense.

Baca juga: Cara Membuat Blog pada Blogger

Saya disini akan membagikan dua cara daftar blog ke Google Adsense dimana cara pertama merupakan cara untuk blog (Blogger) yang menggunakan subdomain blogspot.com (biasa disebut sebagai AdSense Hosted) dan cara yang kedua untuk blog (Blogger) yang menggunakan custom domain TLD ataupun blog lain yang dihosting di luar Blogger (biasa disebut sebagai AdSense Non Hosted).

Cara Daftar AdSense Hosted di Blog Blogspot

Untuk mendaftar AdSense Hosted di blog Blogspot maka kamu wajib melakukannya melalui menu Penghasilan / Earnings yang ada di dashboard blog yang kamu miliki.

1. Masuk ke dashboard Blogger menggunakan akun Google yang kamu miliki.

2. Jika menu Penghasilan belum muncul, maka kamu dapat mencoba pengaturan bahasa pada Blogger dengan cara:

Cara Menampilkan Menu Penghasilan

Cara Menampilkan Menu Penghasilan (Earnings) Blogger untuk Daftar AdSense

Pilih menu Setelan > lalu pilih Bahasa dan Pemformatan > pada bagian Bahasa ubah bahasa menjadi Bahasa Inggris

3. Setelah menu Penghasilan / Earnings muncul, pilh menu tersebut untuk selanjutnya klik Daftar ke AdSense.

Daftar AdSense Blogger Melalui Menu Penghasilan (Earnings)

4. Selanjutnya login menggunakan akun Google (pastikan akun tersebut belum pernah digunakan untuk Google AdSense).

5. Setelah login, pastikan alamat blog yang kamu miliki telah sesuai, lalu pilih:

Halaman Pendaftaran AdSense Hosted
  • Pilih Ya pada bagian Dapatkan Lebih Banyak Manfaat dari AdSense,
  • Pilih Indonesia pada bagian Negara atau Wilayah Anda,
  • Jangan lupa beri centang pada bagian Ya, saya telah menyetujui perjanjian, dan
  • Terakhir klik Buat Akun.
Konfirmasi Pendaftaran AdSense Hosted

6. Kemudian kamu akan dibawa memasuki dashboard AdSense. Disini kamu harus mengisi detail alamat pembayaran dengan data-data pribadi yang kamu miliki untuk nantinya kamu menerima pembayaran dari AdSense. Jika sudah, klik Kirim.

Pengisian Detail Alamat Pembayaran Google AdSense

7. Lalu kamu akan melakukan verifikasi nomor telepon untuk dikaitkan dengan AdSense ini. Silahkan masukkan nomor telepon yang belum pernah digunakan untuk mendaftar AdSense ini untuk kemudian lakukan verifikasi.

Verifikasi Nomor Telepon Google AdSense

8. Setelah selesai melakukan verifikasi, maka kamu akan diredirect kembali ke Blogger. Jika tidak pilih Redirect pada pilihan yang muncul pada bagian Redirecting You to Host.

9. Sampai proses saat ini kamu sudah selesai mendaftarkan blog yang kamu miliki ke Google AdSense dengan menggunakan blog Blogspot. Blog yang kamu miliki masih akan direview oleh pihak AdSense apakah blog yang kamu miliki memenuhi kriteria AdSense atau tidak.

Cara Daftar AdSense Non Hosted di Blog Custom Domain

1. Buka link AdSense berikut https://google.com/adsense untuk masuk ke halaman pendaftaran AdSense.

2. Pada halaman Daftar AdSense, lakukan pengisian sebagai berikut (mirip dengan tahap No.5 di atas):

  • Masukkan alamat blog yang kamu miliki pada bagian Situs Anda,
  • Masukkan alamat email yang kamu miliki pada bagian Alamat Email Anda,
  • Pilih Ya pada bagian Dapatkan Lebih Banyak Manfaat dari AdSense, dan
  • Terakhir klik Simpan dan Lanjutkan.
Konfirmasi Pendaftaran AdSense Non Hosted

3. Selanjutnya kamu akan dibawa memasuki dashboard AdSense. Disini kamu perlu melakukan pengisian detail pembayaran dan melakukan verifikasi nomor telepon (mirip dengan tahap No.6 dan No.7 di atas).

4. Setelah selesai melakukan verifikasi, maka kamu akan diberikan sebuah kode HTML untuk kamu pasang di blog yang kamu miliki.

5. Salin kode tersebut lalu pasang pada blog yang kamu miliki dengan cara:

Cara Memasang Kode AdSense pada Blog

Pilih menu Tema > lalu pilih Edit HTML > cari kode <head> menggunakan Ctrl + F > setelah ketemu, tempelkan kode AdSense tadi tepat di bawah kode <head> ini.

6. Sampai pada tahapan ini Google akan mereview apakah blog yang kamu miliki memenuhi kriteria dan persyaratan AdSense atau tidak yang pemberitahuannya akan dikirimkan ke email yang kamu gunakan pada saat mendaftar pertama kali.

Baik untuk AdSense Hosted maupun AdSense Non Hosted proses pendaftarannya butuh waktu sekitar 2 - 7 hari setelah kamu melakukan pendaftaran. Jika kamu ditolak, silahkan buka pada bagian Situs pada dashboard AdSense untuk melihat penyebab penolakannya dan bagaimana cara mengatasinya.

Demikianlah Cara Daftar Blog ke Google AdSense Hosted dan Google AdSense Non Hosted. Jika dari penjelasan saya ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan pada kolom komentar yang ada di bawah. Terima kasih.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar