HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Konversi Detik Menggunakan Python

Program Konversi Detik Menggunakan Python

hobingoding.com - Halo coders. Detik merupakan salah satu satuan waktu yang dapat digunakan untuk mengukur satuan waktu lainnya seperti menit, jam, dan lain sebagainya. Sebagai contoh satu jam terdiri dari 3600 detik dan satu menit terdiri dari 60 detik. Di sini kita akan mencoba membuat program yang dapat melakukan konversi detik secara otomatis menjadi satuan waktu yang lebih tinggi lainnya.

Permasalahan

Buatlah program untuk mengkonversi jumlah detik menjadi detik, menit, jam, dan hari.

Test Case

INPUT DETIK : 3666
HASIL : 0 HARI 1 JAM 1 MENIT 6 DETIK

Kode Program

print("Program Konversi Detik")
print("visit us hobingoding.com")
print()
# Input Detik
detik = int(input("INPUT DETIK : "))

# Konversi Detik
hari = detik // 86400
detik = detik % 86400

jam = detik // 3600
detik %= 3600

menit = detik // 60
detik %= 60
print("HASIL : %d HARI %d JAM %d MENIT %d DETIK"%(hari, jam, menit, detik))

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Python Konversi Detik

Penjelasan Program

Pada awal program saya meminta input jumlah detik yang akan dikonversi terhadap pengguna. Jumlah detik tersebut saya simpan dalam variabel detik dan saya buat dalam tipe data integer. Nantinya variabel detik ini akan dipergunakan untuk melakukan konversi satuan waktu detik ke satuan waktu yang lebih tinggi.

Kemudian dalam proses konversinya pertama sekali detik tersebut saya bagikan dengan jumlah detik dalam satu hari menggunakan operator //. Operator // berguna untuk memberikan hasil pembagian dalam bilangan bulat atau yang dibulatkan. Dengan demikian saya akan mendapatkan jumlah hari sesuai jumlah detik yang dimasukkan sebelumnya. Lalu untuk mendapatkan sisa detik dari pembagian jumlah detik dalam satu hari, saya menggunakan operator modulus % yang ditandai dengan detik = detik % 86400 (jumlah detik dalam satu hari).

Proses yang sama kemudian saya ulangi pada satuan jam di mana pada satuan ini saya membagikan jumlah detik yang tersisa dengan jumlah detik dalam satu jam. Begitu pula dengan satuan menit, dan pada akhirnya sisa detik yang tersisa dalam satuan detik.

Masih bingung atau punya pertanyaan lain? Feel free to ask me in comment section below guys.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar