HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Bagaimana Cara Memilih Hosting Terbaik

Cara Memilih Hosting Terbaik

Bagaimana Cara Memilih Hosting Terbaik - Jika anda belum memiliki pengalaman dalam dunia domain Hosting Terbaik atau belum pernah membuat website, ada beberapa hal yang perlu anda garis bawahi :

Ketahui Jenis Hosting yang Dibutuhkan

Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah layanan hosting yang terhubung ke banyak server tetapi terpusat dalam sistem cloud. Jadi, file website Anda sebenarnya tidak berada di satu server, tetapi di beberapa server lain yang terhubung dengan internet. Cloud Hosting dianggap lebih unggul karena lebih powerful dan handal. Jika ada masalah server, file website akan dipindahkan ke server lain.

VPS (Server Pribadi Virtual)

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Virtual Private Server juga biasa disebut sebagai Server Virtual atau Mesin Virtual. Virtual Server adalah teknologi virtualisasi yang dapat membagi sumber daya dari server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah layanan hosting di mana semua kontrol akses diberikan kepada pengguna. Pengguna akan diberikan kontrol akses penuh sebagai root atau administrator. Pengguna akan bertanggung jawab untuk semua pemeliharaan, pengerasan, kontrol dan keamanan.

Colocation Hosting

Colocation Hosting hampir mirip dengan Dedicated Hosting karena pengguna memiliki kontrol akses penuh atas server. Jenis hosting ini juga menyediakan akses server fisik kepada pengguna. Jadi, perusahaan yang menggunakan Colocation Hosting harus melakukan perawatan fisik dan memikirkan masalah internet, power supply, penyimpanan server dan hal-hal teknis lainnya.

Cara Memilih Hosting Terbaik

Pastikan Anda memiliki dukungan 24 jam

Dukungan dari penyedia layanan hosting dan domain sangat penting. Jika sewaktu-waktu terjadi error pada website, pastikan Anda dapat menghubungi Support Team. Ada banyak penyedia layanan hosting dan domain yang mengklaim bahwa mereka memiliki dukungan 24/7. Tapi ketika ada masalah, mereka tidak cepat tanggap dan pelayanannya kurang baik.

Untuk itu, Anda bisa melakukan test terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana layanan Support Team tersebut. Apakah mereka respon cepat? Bagaimana jika terjadi kesalahan pada website? Bagaimana jika hosting sedang down? Apakah ada jaminan uang kembali? Bagaimana layanan tim pendukung dalam menanggapi masalah? dll. Jangan sampai anda hanya memilih hosting terbaik dan hosting dengan harga murah tapi ternyata pelayanannya kurang bagus.

Pilih Hosting Web dengan Waktu Aktif 99,9%

Pilih domain dan layanan hosting dengan jaminan uptime 99,9%. Apa artinya? Artinya penyedia layanan hosting domain memiliki jaminan server UP 99,9%. Tidak ada penyedia layanan hosting murah yang menjamin tidak ada server yang down. Jika ada, maka harus dipertanyakan kebenarannya.

DomaiNesia merupakan penyedia hosting yang sudah di review oleh “penasihat hosting” dan memiliki uptime server 99.92%, itu artinya hampir sedikit sekali server DomaiNesia mengalami down time.

Tidak Melanggar Hukum

Pastikan juga penyedia hosting yang Anda pilih tidak mendukung aktivitas ilegal. Ini adalah resiko website Anda jika penyedia hosting yang Anda pilih memiliki masalah hukum sehingga website Anda juga bisa dimatikan oleh pihak yang berwajib.

Pastikan Memilih Hosting Murah Berkualitas

Saat ini, ada banyak penyedia layanan hosting di dunia yang dapat Anda pilih. Baik penyedia domain dan hosting luar negeri maupun penyedia hosting domestik terbaik berlomba-lomba memberikan promo diskon. Namun, sebelum memilih web hosting, pastikan Anda mengetahui layanan hosting yang ditawarkan. Jangan membeli kucing dalam karung, Anda sudah membayar banyak, ternyata layanan dan teknologinya tidak bagus.

Bisa Upgrade Hosting Kapan Saja!

Anda tidak akan tahu bagaimana bisnis dan perusahaan akan berkembang dalam 5 tahun ke depan. Untuk itu, pastikan hosting terbaik yang Anda gunakan bisa diupgrade! Proses upgrade adalah proses dimana kapasitas dan fitur hosting akan diupgrade.

Periksa fitur unggulannya

Penyedia hosting yang baik akan menawarkan sederet keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui fitur-fitur yang ditawarkan. Misalnya nilai uptime di atas 95% untuk memastikan website bisa bekerja maksimal atau backup layanan dengan teknologi terkini seperti Litespeed, Imunify 360, dan masih banyak lagi.

Selain itu, penyedia hosting juga harus memberikan dukungan penuh dan menanggapi semua keluhan pelanggan dengan cepat. Jika Anda masih pemula, cari penyedia yang dapat membantu menginstal situs web dan mempublikasikannya.

Kinerja server

Kualitas dan kinerja server sangat penting karena menentukan kinerja sebuah website. Kualitas sebuah server dapat dilihat dari beberapa aspek. Pertama adalah lokasi server, usahakan berada di negara tempat Anda berada. Kemudian perhatikan spesifikasi server yang meliputi kecepatan prosesor, RAM dan kapasitas hard disk, serta kecepatan jaringan server.

Harga yang ditawarkan

Yang satu ini tidak kalah pentingnya. Jadilah pembeli yang cerdas dengan membandingkan harga beberapa penyedia layanan hosting. Jangan lupa juga untuk memperhatikan fitur apa saja yang mereka tawarkan kepada Anda. Hosting terbaik adalah yang dapat memenuhi kebutuhan Anda, tetapi harganya tidak akan menguras kantong Anda.

Ulasan pengguna sebelumnya

Jika Anda ingin mengetahui kinerja sebuah penyedia hosting, Anda bisa melihat review dari pelanggan yang telah menggunakan layanan mereka. Jika pelanggan memberikan review positif, maka kualitas tidak perlu diragukan lagi.

Demikian pembahasan mengenai cara memilih Hosting Terbaik, semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar