HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Memperbaiki Error VCRUNTIME140.dll di Windows

Cara Memperbaiki Error VCRUNTIME140.dll di Windows

hobingoding.com - Ketika saya ingin menjalankan sebuah aplikasi pada laptop yang saya miliki, aplikasi tersebut ternyata tidak dapat dibuka serta menampilkan pesan error yang bertuliskan:

The code execution cannot proceed because VCRUNTIME140.dll was not found. Reinstalling the program may fix this problem.

Usut punya usut sepertinya hal ini disebabkan karena saya ingin melakukan penginstallan terhadap aplikasi yang sudah saya pernah uninstall sebelumnya. Sebagai informasi tambahan, VCRUNTIME140.dll merupakan ekstensi aplikasi Microsoft C Runtime Library yang diinstall dari aplikasi Microsoft Visual Studio. Meskipun ukuran filenya hanya berkisar puluhan kb, namun file VCRUNTIME140.dll yang hilang ataupun corrupt dapat menyebabkan sebuah aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Install Ulang Aplikasi yang Mengalami Error VCRUNTIME140.dll

Sesuai dengan pesan error yang ditampilkan kepada kita, maka solusi pertama yang dapat kita coba untuk mengatasi error ini adalah dengan cara menginstall ulang aplikasi yang memiliki masalah error VCRUNTIME140.dll.

Adapun untuk menguninstall aplikasi adalah dengan cara masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi dan Fitur > lalu pilih aplikasi yang ingin diuninstall.

Repair Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable

  1. Masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi dan Fitur.
  2. Cari aplikasi yang memiliki nama "Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable" ataupun "Microsoft Visual C++ 2015-2019 Redistributable".

    VCRUNTIME140.dll Microsoft Visual C++ Error
    Catatan: jika terdapat dua buah aplikasi yang bernama "Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable (x64 dan x86)", silahkan lakukan hal yang sama untuk kedua-duanya.
  3. Klik Ubah.
  4. Selanjutnya pilih Repair.
    Memperbaiki Microsoft Visual C++ Redistributable
  5. Proses perbaikan akan dilakukan. Setelah selesai coba restart untuk melihat perubahan.

Download dan Ganti File VCRUNTIME140.dll yang Lama

  1. Silahkan download file VCRUNTIME.dll melalui link berikut atau alternatif.
  2. ika sudah ekstrak file yang baru saja kamu download.
  3. Copy file hasil ektrak tersebut ke direktori:
    * jika kamu menggunakan Windows 32 bit: C:\Windows\System32\
    * jika kamu menggunakan Windows 64 bit: C:\Windows\SysWOW64\

Bagaimana? Mudah bukan? Saya sendiri sebelumnya menggunakan cara yang kedua untuk mengatasi masalah VCRUNTIME140.dll error ini. Selamat mencoba.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar