HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Menggunakan Table of Content Template LinkMagz

Cara Membuat Table of Content pada LinkMagz

hobingoding.com - TOC (Table of Content) merupakan daftar isi otomatis yang berisi judul-judul besar beserta subjudulnya yang terdapat dalam pembahasan artikel yang kita miliki.

Adapun penggunaan judul-judul besar ini biasanya dinyatakan dengan penggunaan tag heading h2 dan subjudul dari tiap-tiap judul besar dinyatakan dengan penggunaan tag heading h3.

Biasanya untuk pengguna wordpress penggunaan TOC ini bisa dilakukan dengan bantuan beberapa plugin. Lalu bagaimana dengan pengguna blogger? Tetap bisa, namun kamu harus melakukan beberapa penyesuaian script karena template-template blogger yang ada saat ini belum menyediakan fitur yang satu ini.

Namun sesuai dengan judul pembahasan kita kali ini, saya akan membahas bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan TOC pada template LinkMagz, template blogger terbaru dari Mas Sugeng dimana fitur TOC ini sudah merupakan fitur bawaan dari template ini. Kita hanya perlu memanggill script untuk menampilkan table of content pada artikel yang telah kita buat.

Catatan: Pastikan kamu mendapatkan template LinkMagz ini dengan cara membelinya langsung dari Mas Sugeng untuk mendapatkan support langsung dari Mas Sugeng. Selain itu dengan membelinya secara langsung dari Mas Sugeng, kamu sudah termasuk mendukung Mas Sugeng dalam mengembangkan template ini dan template-template yang sudah ada sebelumnya.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan TOC pada LinkMagz

1. Silahkan buat postingan baru pada draft blogger pada seperti biasa pada mode compose. Ingat untuk menandai bagian-bagian mana saja yang akan dijadikan h2 atau h3.

2. Sekarang ketika artikel sudah selesai kamu ketikkan, ubah draft blogger menjadi mode HTML dan tetap ingat untuk menandai bagian-bagian mana saja yang akan dijadikan h2 atau h3.

3. Tandai setiap bagian judul yang akan dijadikan h2 atau h3. Perlu kamu ingat bahwa h3 disini merupakan subjudul dari h2.

4.  Masih dalam mode HTML, setelah selesai menandai h2 dan h3, salin kode berikut dan tempatkan di bagian mana TOC ini ingin kamu tampilkan pada artikel:

<aside id="toc"><b class="toc"></b></aside>

5. Selesai, dan terakhir klik Publikasikan.

LinkMagz yang merupakan template terbaru dari Mas Sugeng memiliki fitur yang sangat banyak yang wajib kamu miliki. Namun meskipun begitu pastikan kamu membelinya langsung dari Mas Sugeng untuk mendukung Mas Sugeng tetap mengembangkan template ini maupun template-template yang sudah ada sebelumnya. Terima kasih.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

5 komentar

  1. bisa di liat mas cara menaruh h2 dan h3 di post biar lebih jelas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas, saya sudah buatkan tutorialnya ya mas. Silahkan kunjungi di link berikut ya mas https://www.hobingoding.com/2020/04/cara-menggunakan-tag-heading-pada-postingan-blog.html

      Jika ada yang kurang jelas ditanyakan saja lagi ya mas. Terima kasih telah berkunjung mas.

      Hapus
  2. Luar biasa, akhirnya bisa, mampir mas.

    BalasHapus