HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Program Menghitung Keliling dan Luas Persegi Menggunakan Python

Program Menghitung Keliling dan Luas Persegi Menggunakan Python

hobingoding.com - Halo coders. Pada kesempatan kali ini saya akan kembali membagikan source code untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan bangun datar 2 dimensi dimana bangun datar yang menjadi pembahasan kita kali ini adalah segi empat atau yang biasa disebut sebagai persegi.

Sedikit berbeda dengan program yang sudah saya bagikan sebelumnya yaitu Program Python Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang, adapun perbedaannya terletak pada jumlah variabel yang akan digunakan karena seperti yang kita tau ke empat sisi pada persegi memiliki ukuran yang sama (1 variabel sisi saja) sedangkan ke empat sisi pada persegi panjang memiliki dua pasang sisi yang berbeda ukuran (variabel panjang dan variabel lebar).

Permasalahan

Buatlah program untuk menghitung keliling dan luas persegi.

Test Case

Input Sisi : 5
Keliling Persegi : 20
Luas Persegi : 25

Kode Program

print("Program Menghitung Keliling dan Luas Persegi")
print("visit us hobingoding.com")
print()
# Input Sisi
sisi = int(input("Input Sisi : "))

# Hitung Keliling
keliling = 4 * sisi
# Hitung Luas
luas = sisi * sisi
print("Keliling Persegi :", keliling)
print("Luas Persegi :", luas)

Lihat source code melalui github: fandipres

Output Program

Program Python Menghitung Keliling dan Luas Persegi

Penjelasan Program

Pada program di atas saya hanya membuatkan satu buah variabel "sisi" saja dengan tipe data integer. Kemudian setelah nilai daripada sisi persegi tersebut di input, saya langsung menghitung dan mencetak keliling (dengan rumus 4 kali sisi) dan luas persegi (dengan rumus sisi kali sisi) tersebut dimana proses penghitungannya tersebut saya lakukan dalam perintah print.

Jadi sewaktu perintah print dijalankan terdapat proses pencetakan dan penghitungan yang sekaligus terjadi sehingga saya disini tidak perlu menggunakan variabel tambahan lain seperti misalnya Keliling dan Luas.

Demikianlah Program Python Menghitung Keliling dan Luas Persegi. Jika ada yang ingin ditanyakan dari penjelasan saya yang ada di atas, jangan sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar yang ada di bawah ya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar