Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perulangan (Looping) dalam Bahasa Python

Membuat Perulangan (Looping) dalam Bahasa Pyhton
hobingoding.com - Halo coders. Perulangan, pengulangan (looping) dalam bahasa pemrograman komputer adalah proses menjalankan eksekusi (run) suatu blok kode selama kondisi yang menjadi acuan banyaknya perulangan masih terpenuhi. Biasanya perulangan ini akan membutuhkan sebuah variabel pembantu yang menjadi acuan kapan perulangan ini nantinya akan berhenti.

Dalam bahasa pemrograman Python ini sendiri dikenal adanya dua jenis perulangan yang dapat digunakan yaitu for loops dan while loops. Lantas pada saat kapan kita menggunakan for loops dan while loops ini?

Jika kamu tau berapa kali perulangan akan dilakukan maka sebaiknya gunakanlah for loops. Hal ini dikarenakan pada for loops ini dikenal adanya penggunaan batas bawah (start) dan batas atas (stop) yang dijadikan sebagai acuan berapa kali perulangan akan dilakukan. Sebaliknya jika kamu kurang yakin berapa kali perulangan akan dilakukan maka sebaiknya gunakanlah while loops karena pada perulangan yang satu ini perulangannya akan terus dieksekusi selama kondisi yang menjadi acuan berapa kali perulangan ini akan dilakukan terpenuhi.


for loops

Seperti yang telah saya singgung di atas, jika kamu tau berapa kali perulangan akan dilakukan maka sebaiknya gunakanlah  for loops. Hal ini dikarenakan pada for loops ini kita bisa menggunakan hingga 3 buah indikator acuan yaitu batas bawah (start), batas atas (stop), step (increment / decrement yang digunakan untuk indeks perulangan). Adapun penggunaan ketiga indikator tersebut adalah sebagai berikut:

satu parameter

for loops dengan satu acuan dituliskan seperti berikut ini: for i in range (stop):
Nantinya perulangan akan dilakukan sebanyak acuan start yang mana indeksnya akan dimulai dari indeks (angka) ke 0 hingga indeks ke stop - 1.

Contoh Penggunaan:
Program untuk mencetak 5 bilangan cacah pertama (0, 1, 2, 3, 4):
print("For Loops in Python (stop)")
print("source code by hobingoding.com")
print()
for i in range(5):
    print("i =", i)
Perulangan For (For Loops) Menggunakan Satu Indikator dalam Bahasa Pemrograman Python

Penjelasan:
Perulangan dengan satu buah acuan (stop) akan dilakukan sebanyak acuan tersebut yang mana indeks awal dimulainya perulangan tersebut akan dimulai dari 0 hingga indeks start - 1. Dari contoh di atas perulangan akan dilakukan sebanyak 5 kali (stop) dan karena dimulai dari 0 maka akan menghasilkan output 0, 1, 2, 3, dan 4.

dua parameter

for loops dengan dua buah acuan dituliskan seperti berikut ini: for i in range (start, stop):
Nantinya perulangan akan dimulai dari indeks start (bukan dimulai dari 0 lagi) hingga indeks ke stop - 1.

Contoh Penggunaan:
Program untuk mencetak angka 5 - 10:
print("For Loops in Python (start, stop)")
print("source code by hobingoding.com")
print()
for i in range(5, 11):
    print("i =", i)
Perulangan For (For Loops) Menggunakan Dua Indikator dalam Bahasa Pemrograman Python

Penjelasan:
Dari contoh di atas kita ingin menghasilkan output 5, 6, 7, 8, 9, 10. Sehingga pada perulangannya kita menggunakan angka 5 sebagai start dan angka 11 sebagai stop. But wait, kenapa menggunakan angka 11 sebagai stopnya padahal angka yang kita cetak adalah angka 5 - 10? Jangan lupa bahwa pada perulangan for loops ini proses yang dilakukan hanya sampai stop - 1 bukan sampai stopnya (dalam hal ini perulangan hanya dilakukan sampai 10 (stop - 1) bukan 11).

tiga parameter

for loops dengan tiga buah acuan dituliskan seperti berikut: for i in range (start, stop, step):
Nantinya perulangan akan dimulai dari indeks start hingga indeks ke stop - 1 dengan catatan indeks startnya akan selalu bertambah sesuai dengan angka pada stepnya.

Contoh Penggunaan:
Program ntuk mencetak bilangan ganjil antara 5 - 10:
print("For Loops in Python (start, stop, step)")
print("source code by hobingoding.com")
print()
for i in range(5, 11, 2):
    print("i =", i)
Perulangan For (For Loops) Menggunakan Tiga Indikator dalam Bahasa Pemrograman Python

Penjelasan:
Hampir sama dengan contoh pada nomor 2 yang ada di atas, bedanya jika pada penggunaan dua buah acuan maka indeksnya selalu bertambah 1 maka pada penggunaan tiga buah acuan ini indeksnya akan bertambah sesuai angka stepnya sehingga dari contoh di atas akan menghasilkan output 5, 7 (5 + 2), dan 9 (7 + 2).

while loops

Pada while loops, perulangan akan dilakukan selama kondisi yang menjadi acuannya masih terpenuhi. Adapun penulisan perulangan while loops ini adalah sebagai berikut: while (kondisi):

Pada perulangan while loops ini kita sebelumnya harus mendeklarasikan sebuah variabel pembantu yang akan kita gunakan pada kondisi di atas. Disini kita dapat memanfaatkan operasi perbandingan (<, <=, >, >=, ==, !=) maupun boolean untuk mengecek apakah perulangan yang akan dilakukan masih memenuhi kondisi yang telah ditentukan.

Contoh Penggunaan:
Program untuk mencetak 5 bilangan cacah pertama (0, 1, 2, 3, 4) menggunakan while loops:
print("While Loops in Python")
print("source code by hobingoding.com")
print()
i = 0
while (i < 5):
       print("i =", i)
       i+=1
Perulangan While (While Loops) dalam Bahasa Pemrograman Python

Penjelasan:
Pada contoh perulangan while loops di atas kita terlebih dahulu mendeklarasikan variabel pembantu i = 0. Kemudian pada perulangan while (i < 5) kita disini ingin melakukan perulangan sebanyak / selama nilai i yang telah deklarasikan tadi masih lebih kecil dari 5. Kemudian kita menggunakan increment i+=1 agar setiap kali perulangannya dijalankan maka nilai i nya akan terus bertambah. Ketika i nya sudah = 5 maka perulangannya akan diberhentikan sehingga output akhir dari perulangan di atas adalah 0, 1, 2, 3, dan 4.

Mungkin sekian yang dapat saya jelaskan pada topik pembahasan Perulangan (Looping) dalam Bahasa Pemrograman Python yang ada di atas. Selain daripada perulangan sederhana yang bisa kamu coba di atas, ke depannya saya akan membahas bagaimana pemanfaatan dan penggunaan perintah break dan continue serta percabangan if - else dengan perulangan yang ada di atas. Terima kasih.

Baca juga: Penggunaan Break - Continue pada Perulangan dalam Bahasa Pemrograman Python
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Posting Komentar untuk "Perulangan (Looping) dalam Bahasa Python"

Berlangganan via Email