HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Menambahkan Gambar dan Video ke dalam Postingan Blog

Cara Menambahkan Gambar dan Video ke Blog
Source: livecomposerplugin.com

hobingoding.com - Dalam sebuah artikel maupun postingan blog ataupun situs yang ada di internet biasanya dilengkapi dengan adanya media-media pendukung yang terdiri dari gambar, suara, video dan berbagai macam media pendukung lainnya yang membuat artikel tersebut semakin bermanfaat dan mudah untuk dipahami oleh para pembaca artikel tersebut. Bahkan tak jarang media pendukung yang telah saya sebutkan barusan yang dijadikan konten utama dari artikel yang ada di internet.

Hal tersebut dikarenakan rasanya cukup bosan bukan jika kita hanya membaca tulisan saja? Terlebih jika artikel yang disajikan cukup panjang dan kurang menarik. Oleh sebab itu saya disini ingin membagikan bagaimana cara menambahkan media pendukung ke dalam postingan blog yang kita miliki agar para pembaca lebih tertarik dan betah membaca artikel-artikel yang ada pada blog kita masing-masing. Adapun media pendukung yang saya maksud disini yaitu media gambar dan video, mengingat kedua media inilah yang lebih umum digunakan pada sebuah artikel yang ada di internet.

Cara Menambahkan Gambar ke dalam Postingan Blog

Untuk menambahkan gambar ke dalam postingan blog caranya cukup mudah yaitu dengan memilih pilihan Insert image pada saat kita sedang membuat sebuah postingan blog. Kemudian pilih metode penambahan gambar yang ingin kamu gunakan.

Cara Menambahkan Gambar ke Postingan Blog

Adapun metode yang disediakan cukup beragam, mulai dari upload gambar, gunakan gambar yang ada pada blog tersebut, tambahkan gambar via URL, dan berbagai metode lainnya.

Sedangkan untuk menambahkan video ke dalam postingan blog ada beberapa cara yang bisa kita lakukan yang bergantung pada asal video yang ingin kita tambahkan berasal darimana yaitu:

Cara Menambahkan Video ke dalam Postingan Blog dengan Cara Upload Video

Jika video yang ingin kamu tambahkan merupakan video yang tersimpan di perangkat yang kamu miliki, maka kamu dapat menggunakan cara yang pertama ini dimana kamu akan mengupload sendiri video yang ingin kamu tambahkan. Caranya adalah pada draft blogger, pilih Insert a video, lalu cari atau tarik video yang ingin kamu tambahkan.

Cara Mengupload Video ke Postingan Blog

Cara Menambahkan Video YouTube ke dalam Postingan Blog

Cara yang ini mirip dengan cara yang pertama tadi yaitu kita melakukannya masih melalui draft blogger. Bedanya kita disini akan menggunakan video yang sudah tersedia di YouTube. Video yang akan kita gunakan disini boleh video yang ada di akun YouTube kita sendiri maupun video yang ada di akun YouTube orang lain.

Cara Menambahkan Video YouTube ke Postingan Blog

Selain kita bisa menambahkan video YouTube melalui pencarian video dari draft blogger, kita bisa juga menambahkan video YouTube yang ada dengan cara menyematkannya melalui kode HTML yaitu dengan cara pada video YouTube yang ingin kita tambahkan pilih pilihan Bagikan lalu pilih opsi Sematkan.

Pilih Sematkan untuk Menambahkan Video YouTube ke Postingan Blog

Salin kode HTML yang muncul lalu tempelkan kode tersebut pada postingan blog yang ingin kita tambahkan videonya (catatan: pada saat akan menempelkan kode HTML yang didapat, pastikan mode draft bloggernya sudah dalam mode HTML).

Cara Menambahkan Video dari Website Lain ke dalam Postingan Blog

Adapun cara menambahkan video ke dalam postingan blog yang terakhir ini mirip dengan cara menambahkan video YouTube ke dalam postingan blog yang ada di atas. Bedanya adalah video yang akan kita tambahkan disini tidak terbatas hanya video yang ada pada YouTube saja. Kita bisa saja menambahkan video yang ada di Instagram, Facebook, maupun website lainnya ke dalam postingan blog yang kita miliki selama situs tersebut mendukung metode penyematan video yang akan kita lakukan.

Caranya sama saja dengan yang telah saya jelaskan pada penyematan video YouTube sebelumnya. Semisal saya disini ingin mencoba menambahkan video yang ada di Facebook ke dalam postingan blog saya. Maka pada video yang ingin saya gunakan tersebut, pilih Sematkan (setiap situs mempunyai opsi penyematan yang mungkin berbeda), salin kode HTML yang akan diberikan, lalu tempelkan kode tersebut pada draft blogger dalam mode HTML.

Cara Menambahkan Video Facebook ke Postingan Blog

Cukup mudah bukan cara menambahkan gambar dan video ke dalam postingan blog? Dengan adanya media pendukung seperti gambar ataupun video pada postingan blog yang kita miliki pembaca blog kita pastinya tidak mudah bosan dan mungkin akan lebih betah karena dengan adanya media pendukung tersebut pastinya postingan blog yang kita miliki akan jauh lebih menarik.

Ohiya, agar ukuran video yang ditampilkan pada postingan blog yang kita miliki sesuai dengan ukuran halaman postingan blog kita jangan lupa untuk mengubahnya menjadi responsif dengan cara yang ada di bawah ini:

Baca juga: Cara Membuat Ukuran Video Responsive pada Postingan Blog

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

Posting Komentar