Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Belajar HTML Dasar, Mengenal Apa Itu HTML?

Mengenal Apa itu Hypertext Markup Language (HTML)
hobingoding.comHypertext Markup Languange (HTML) adalah sebuah bahasa penanda yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web yang nantinya file HTML tadi akan dibaca dan divisualisasikan oleh browser sesuai dengan isi file HTML yang ada.


Sejarah HTML

HTML dibuat pada tahun 1990 oleh seorang ahli fisika bernama Tim Berners-Lee. Pada awalnya tujuan Tim Berners-Lee membuat HTML ini adalah untuk mempermudah para ilmuwan dalam mengakses dan berbagi file dokumen mereka satu sama lain.

Siapa yang menyangka bahwa HTML yang dibuatnya kini menjadi pondasi dasar berbagai macam halaman web yang ada saat ini. Bahkan halaman yang sedang kamu baca ini juga berpondasikan HTML yang tentunya sudah memiliki banyak penambahan dan peningkatan.

Bicara mengenai HTML tentunya akan erat kaitannya dengan CSS. Jika diibaratkan HTML dan CSS ini adalah badan manusia, maka HTML adalah bagian kerangka tulang sementara CSS adalah bagian otot yang menempel pada kerangka tulang yang memberikan bentuk tubuh manusia.

Untuk versi HTML yang terbaru saat ini (sampai pada saat postingan ini dibuat) sudah mencapai versi HTML 5, sedangkan versi CSS yang terbaru saat ini adalah CSS 3.

Baca juga: Belajar HTML CSS, Mengenal Apa Itu CSS?

Struktur Dasar HTML

Pada dasarnya HTML memiliki struktur dasar seperti di bawah ini:
<!DOCTYPE html>
<html>
 <head>
  <title>Belajar HTML - HobiNgoding.com</title>
 </head>
 <body>
  <p>Hello World!</p>
 </body>
</html>
Sebuah file HTML harus diawali dan ditutup dengan menggunakan elemen <html> dan </html>. Kemudian di dalam elemen html terdapat dua elemen yaitu elemen <head> dan </head> serta elemen <body> dan </body>.

Pada elemen head biasanya digunakan untuk mengetikkan elemen title yang berguna untuk menampilkan judul halaman web, elemen pemanggilan script / CSS eksternal, atau bisa juga tempat mengetikkan CSS in head dengan menggunakan elemen style.

Sedangkan pada elemen body digunakan untuk mengetikkan dokumen ataupun teks yang akan kita tampilkan pada halaman web.

Baca juga: Perbedaan Tag, Elemen dan Atribut pada HTML

Cara Menyimpan File HTML

Untuk membuat sebuah file HTML kamu hanya memerlukan sebuah text editor serta sebuah browser. Adapun cara untuk menyimpan sebuah file HTML adalah sebagai berikut:
1. Buka aplikasi text editor seperti Sublime, Notepad++, ataupun Notepad.
2. Salin kode struktur dasar HTML yang ada di atas, kemudian tempel ke text editor tadi, lalu simpan dengan ekstensi / format .html.
Simpan File dalam Ekstensi / Format .html
3. Buka file HTML yang telah kamu buat dengan menggunakan browser.
Tampilan Struktur Dasar HTML

Halaman web yang telah kamu buat diatas merupakan halaman dasar / kerangka dari sebuah halaman web, untuk membuat sebuah halaman lengkap kamu dapat menambahkan elemen-elemen lain serta menggunakan CSS untuk memperindah tampilan halaman web yang kamu miliki.

Cukup sekian dulu pembahasan pertama saya mengenai belajar HTML dasar, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya pada kolom komentar yang ada di bawah. Semoga bermanfaat.
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Posting Komentar untuk "Belajar HTML Dasar, Mengenal Apa Itu HTML?"

Berlangganan via Email