Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Program Menghitung Luas Lingkaran Menggunakan Bahasa C

Menghitung Luas Lingkaran dalam Bahasa C
hobingoding.com - Saya akan kembali membagikan program-program sederhana bagi sahabat hobingoding.com sekalian yang mana mungkin masih baru saja mempelajari dunia pemrograman terkhususnya bahasa C. Jika sebelumnya saya telah membagikan Program Menghitung Luas Segitiga Menggunakan Bahasa C dan Program Menghitung Volume Balok Menggunakan Bahasa C maka seharusnya sahabat hobingoding.com sekalian dapat melihat bahwa perbedaan dari kedua program yang telah saya bagikan sebelumnya hanya terletak pada rumusnya saja, sementara bagian lainnya hampir sama.

Sebelumnya rumus untuk menghitung luas lingkaran sendiri adalah:
Jika yang diketahui jari-jarinya, maka rumusnya Luas = phi * r * r atau phi * r^2; sedangkan jika yang diketahui diameternya maka rumusnya menjadi Luas = 1/4 * phi * d * d. phi disini bernilai 3,14 atau 22/7, r disini melambangkan jari-jari sedangkan d disini melambangkan diameter.


Permasalahan:

Buatlah program untuk menghitung luas lingkaran dengan ketentuan yang diketahui merupakan jari-jari lingkaran serta keluaran paling banyak dua angka dibelakang koma.

Test Case

Input Nilai Jari-jari: 10
Luas Lingkaran: 314.00

Kode Program

#include <stdio.h>
#define phi 3.14
//source code by hobingoding.com

int main(){
    int r;
    float luas;
    printf("Program Menghitung Luas Lingkaran\n");
    printf("source code by hobingoding.com\n");
    printf("\nInput Nilai Jari-jari: ");
    scanf("%d", &r);
    luas = phi * r * r;
    printf("Luas Lingkaran       : %.2f", luas);
    getch();
    return 0;
}

Output Program

Menghitung Luas Lingkaran Bahasa C

Penjelasan Program

Karena phi merupakan sebuah konstanta (variabel yang nilainya sudah ketetapan/tidak bisa diubah-ubah) maka saya disini mendeklarasikan variabel phi di bawah #include <stdio.h>, adapun cara untuk mendeklarasikan variabel pada bahasa C adalah sebagai berikut: #define (spasi) namavariabel (spasi) nilaivariabel.

Saya disini mendeklarasikan variabel phi karena nilai dari variabel phi yang saya gunakan tidak akan berubah dimana saya disini memilih phi yang bernilai 3.14. Jika kita mendeklarasikan variabel, kita tidak perlu lagi membuat tipe data tersebut serta kita tidak lagi perlu mendeklarasikan variabel tersebut di dalam fungsi utama (int main).

Kemudian saya mendeklarasikan r (jari-jari) bertipe data integer, sedangkan luas saya buat bertipe data float karena pada saat perhitungan variabel luas terdapat perkalian dengan phi (bilangan desimal) yang mana jika saya menggunakan tipe data integer maka nilai dibelakang koma pada variabel luas tidak akan ikut dihitung.

Lalu saya melakukan proses perhitungan luas, saya disini menggunakan rumus jika yang diketahui merupakan jari-jarinya. Untuk membuat program jika yang diketahui adalah nilai dari diameternya, sahabat hobingoding.com hanya perlu mengubah rumus yang terdapat pada variabel luas sesuai dengan rumus jika yang diketahui adalah nilai diameternya.

Terakhir untuk menampilkan hasil luasnya, saya menggunakan %.2f untuk memanggil data pada variabel luas dengan tipe float dengan ketentuan 2 angka dibelakang koma (.2f).

Sekian pembahasan saya tentang Program Menghitung Luas Lingkaran Bahasa C. Semoga bermanfaat dan dapat coba sendiri ya.
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

1 komentar untuk "Program Menghitung Luas Lingkaran Menggunakan Bahasa C"

Berlangganan via Email