HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Mengatasi dan Mencegah Jingling (Auto Visitor) pada Blog

Mengatasi Auto Visitor pada Blog
Source: rekblogging.com

hobingoding.com - Jingling atau auto visitor (bot) merupakan sebuah software yang mampu mendatangkan visitor ke suatu blog atau website secara drastis dalam waktu yang sangat cepat. Tentunya hal ini akan membuat pageviews pada blog yang terkena jingling tersebut akan meningkat pula karena adanya visitor tadi. Namun sayangnya hal ini justru merugikan yang empunya blog itu sendiri karena ternyata simbah google tidak suka jika visitor yang datang ke sebuah blog itu berupa bot. Simbah google lebih menyukai jika visitor yang datang ke blog kita itu merupakan real human atau manusia asli.

Adapun ciri-ciri suatu blog terkena jingling ditandai dengan jumlah pageviews yang tiba-tiba meningkat serta sumber visitor yang datang berasal dari url yang tidak jelas. Jika sebuah blog sudah terkena jingling, biasanya peringkat maupun citra blog yang kita miliki akan menjadi buruk dimata google. Bahkan bagi kamu yang merupakan mitra Google AdSense, bisa saja akun AdSense yang kamu miliki diberi sanksi oleh google itu sendiri,

Cara Mengatasi Auto Visitor

Sebenarnya ada cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi jingling yang bisa saja menimpa blog kamu yaitu dengan menyetting robot.txt pada blog yang kamu miliki. Nantinya apabila kamu menggunakan cara ini maka robot hanya akan memperbolehkan googlebot saja yang dapat merayapi blog yang kamu miliki, selain googlebot tidak akan bisa.

Adapun caranya:
1. Silahkan masuk ke blogger.com.

2. Kemudian pilih menu Setelan, lalu pilih Preferensi Penelusuran, kemudian pada bagian Perayap dan Pengindeksan pilih Ya pada bagian robot.txt khusus.

Cara Mengatasi Jingling dengan robot.txt
Mengatasi jingling dengan mengunakan script anti jingling.

3. Kemudian salin kode dibawah ini dan pastekan pada kolom yang tersedia:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /
Sitemap: https://www.hobingoding.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

4. Silahkan ganti url yang berwarna merah sesuai dengan url yang kamu miliki, lalu klik Simpan Perubahan.

Cara Mencegah Auto Visitor

Jingling biasanya dilakukan oleh seseorang yang iri terhadap sebuah blog. Adapun kasus yang paling banyak dialami oleh para blogger biasanya blog mereka akan terkena jingling setelah membagikan url blog yang mereka miliki pada grup-grup blogger maupun kepada orang lain yang belum mereka kenal. Terlebih lagi jika pada blog tersebut terdapat iklan dari Google AdSense. Oleh sebab itu, adapun cara yang terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mencegah blog kamu terkena jingling yaitu dengan cara tidak membagikan url blog yang kamu miliki sehingga peluang blog kamu terkena jingling menjadi berkurang.

Sekian penjelasan dari saya tentang Cara Mengatasi dan Mencegah Jingling. Semoga dengan menerapkan cara yang ada pada postingan ini, blog yang kamu miliki bisa aman dari tangan orang-orang yang jahil. Jika kamu memiliki pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom komentar.

Related Posts
Fandi Presly Simamora
Lecturer, code lover, technology enthusiast, enjoys sharing various things through writing, and of course, just a regular human being. Hello world :)

Related Posts

2 komentar

  1. Kalau saya, langsung disavow web² yang dipakai jingling. Sudah ada beberapa domain yang saya disavow.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling penting semoga yang ngirim jinglingnya tobat gan wkwk

      Hapus