Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Program Menghitung Luas Segitiga Menggunakan Bahasa C

Menghitung Luas Segitiga dalam Bahasa C
hobingoding.com - Halo coders. Bagi kamu yang ingin belajar bahasa pemrograman terutama bagi kamu yang sedang belajar bahasa pemrograman terkhusus bahasa C, kali ini saya disini ingin membagikan kode program menghitung luas segitiga beserta penjelasannya kepada sahabat hobingoding.com sekalian. Adapun penjelasan yang akan saya cantumkan dibawah ini sesuai dengan alur logika yang telah saya kerjakan.


Permasalahan

Buatlah program untuk menghitung luas segitiga dengan keluaran bilangan desimal dua angka dibelakang koma.

Test Case

Input Alas: 5
Input Tinggi: 5
Luas Segitiga: 12.50 cm^2

Kode Program

#include <stdio.h>
//source code by hobingoding.com

int main(){
    int alas, tinggi;
    float luas;

    printf("Program Menghitung Luas Segitiga\n");
    printf("source code by hobingoding.com\n");
    printf("\nInput Alas \t: ");
    scanf("%d", &alas);
    printf("Input Tinggi \t: ");
    scanf("%d", &tinggi);

    luas = alas * tinggi * 0.5;
    printf("Luas Segitiga \t: %.2f cm^2\n", luas);

    getch();
    return 0;
}

Output Program

Menghitung Luas Segitiga Bahasa C

Penjelasan Program

Pertama sekali saya disini hanya menggunakan header <stdio.h> yang mana header tersebut merupakan header yang berisi fungsi-fungsi dasar input - output, kemudian saya memasukkan semua potongan program tersebut ke dalam fungsi utama (int main) karena saya disini tidak menggunakan fungsi di luar fungsi utama (int main).

Lalu saya menginisiasikan variabel-variabel yang akan saya gunakan nantinya. Sebelumnya kita perlu ketahui terlebih dahulu rumus menghitung segitiga adalah (alas * tinggi) / 2 atau bisa saya ubah menjadi alas * tinggi * 0.5 (karena 1/2 sama dengan 0.5) sehingga saya menginisiasikan variabel alas dan tinggi bertipe data integer (bilangan bulat) sedangkan variabel luas bertipe data float (bilangan desimal/pecahan). Saya menginisiasikan variabel luas bertipe data float karena nantinya pada proses penghitungan luas terdapat proses perkalian dengan bilangan pecahan (0.5) yang mana jika saya menggunakan tipe data integer pada variabel luas maka angka di belakang koma tidak akan ikut dihitung.

Kemudian saya menginput alas dan tinggi menggunakan %d yang mana pada bahasa C %d berfungsi untuk menginput/memanggil data dengan tipe integer, serta tidak lupa simbol & pada &alas serta &tinggi dimana simbol & ini berfungsi untuk menentukan variabel yang akan kita input datanya.

Terakhir saya melakukan perhitungan sesuai rumus luas segitiga, lalu saya memprint/mengeluarkan output dengan menggunakan %.2f dimana %f berfungsi untuk membuat keluaran data bertipe bilangan pecahan serta angka 2 di depan f berfungsi untuk menentukan berapa angka di belakang koma yang akan ditampilkan.

Demikian pembahasan saya tentang Program Menghitung Luas Segitiga dengan Bahasa C, semoga bermanfaat dan berguna buat kamu yang sedang belajar bahasa pemrograman C.
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Posting Komentar untuk "Program Menghitung Luas Segitiga Menggunakan Bahasa C"

Berlangganan via Email